Sukses

Intip Robot NASA 'Bermain' Pasir di Planet Mars

Liputan6.com, California - Setelah lebih dari tiga tahun berada di atas tanah Planet Mars, robot rover Curiosity akhirnya memulai "penggalian" lebih dalam untuk melihat seperti apa tekstur pasir yang berada di permukaan Planet Merah tersebut. Bahkan, robot buatan NASA ini juga mempelajari kandungan pasir Mars untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Seperti dilaporkan Daily Mail, Sabtu (23/1/2016), Curiosity telah mengambil beberapa sampel pasir Mars di beberapa wilayah, salah satunya dari kawasan Namib Dune. Meski telah mengambil beberapa sampel, rupanya ilmuwan NASA mengungkap bahwa tekstur pasir Mars tidak jauh berbeda dengan yang ada di Bumi.

Michael McHenry, ilmuwan NASA yang tengah meneliti pasir ini, mengungkap bahwa persiapan Curiosity "menyekop" pasir Mars sangat rumit. Mereka harus menyiapkan sebuah mesin khusus yang disematkan di dalam tubuh robot rover tersebut agar Curiosity bisa menampung sampel pasir dengan baik.

"Sangat sulit. Saya dan tim harus menciptakan perangkat khusus yang akan ditempel di Curiosity untuk mengambil pasir Mars. Ada beberapa bagian yang harus dipersiapkan secara matang agar proses pengambilan pasir sesuai takaran dan tidak meleset," kata McHenry.

©
Ini merupakan kabar terbaru yang dibawa NASA dari tanah Mars pada awal tahun ini. Sebelumnya, badan antariksa tersebut sempat mengungkap penampakan Mars memiliki kawasan yang "berhutan".

Penampakan tersebut diabadikan lewat kamera Mars ReconnaissanceOrbiter. Di situ terlihat sekumpulan garis cokelat kegelapan yang tampak seperti kumpulan pohon, berdiri menjulang di atas pasir berwarna merah muda dengan gabungan cahaya kebiruan.

Setelah diteliti, foto tersebut seakan menunjukkan gerakan pasir seperti air sungai. Para ilmuwan NASA berpendapat pasir tersebut mencair karena lelehan es dengan kandungan karbondioksida yang terkena cahaya matahari.

Penampakan ini pun menuai debat sengit antar para ilmuwan, yang mempertanyakan kebenaran apakah memang Mars memiliki hutan atau tidak. Jawabannya? Masih terus dicari.

(Jek/Cas)