Sukses

Apple Bakal Garap Desain GPU Sendiri?

Liputan6.com, Jakarta - Apple memang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang kerap mengontrol komponen produksinya sendiri. Setelah sebelumnya mengembangkan chipset besutan sendiri, yakni tipe Ax, kali ini Apple dikabarkan akan menggarap desain GPU sendiri.

Informasi ini pertama kali diketahui dari laman Fudzilla yang menuturkan bahwa perusahaan asal Cupertino tersebut akan mengurangi ketergantungan pasokan dari Imagination Technologies. Imagination Technologies sendiri merupakan perusahaan yang memasok kartu grafis PowerVR untuk perangkat Apple.

Mengutip informasi dari laman Phone Arena, Sabtu (12/12/2015), Apple sebenarnya telah lama mengembangan desain GPU sendiri. Namun, sampai saat ini hasilnya belum dikatakan cukup memuaskan. Untuk itu, Apple memilih untuk menggunakan pihak ketiga sebagai pemasok.

Beberapa pihak menilai bahwa langkah Apple dapat menguntungkan perusahaannya. Sebab, PowerVR diketahui memiliki performa yang mumpuni. Untuk itu, tak tertutup kemungkinan bahwa apabila Apple akan menggarap GPU sendiri hasilnya akan lebih baik.

Tak hanya itu, dengan memproduksi GPU sendiri Apple akan dapat menghasilkan margin keuntungan yang lebih besar sekaligus berkompetisi dengan kompetitor lainnya. Kendati demikian, belum dapat dipastikan penggunaan GPU besutan sendiri akan mempengaruhi harga dari iPhone.

Untuk saat ini, Apple memang diketahui memiliki sumber daya yang cukup untuk menggarap GPU sendiri. Akan tetapi, harus diakui bahwa mengembangkan GPU sendiri bukanlah perkara mudah.

Sekadar informasi, kompetitor Apple -- Samsung -- juga disebut memiliki rencana yang sama. Bahkan, perusahaan asal Korea Selatan itu dikabarkan telah mengembangkan GPU sendiri selama 5 tahun. Namun, sampai saat ini juga belum berhasil mendapatkan produk yang sesuai keinginan. 

(Dam/Cas)








* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple
  • GPU