Sukses

XL Siap Bantu Pasarkan Aplikasi dan Konten Lokal

Liputan6.com, Jakarta - Jika ditanya apa peran operator dengan teknologi 4G-LTE terkininya untuk mendorong penguatan konten lokal, sebetulnya banyak sekali kerja sama yang bisa terjalin antara kedua belah pihak. Hal itu diungkapkan oleh Dian Siswarini, CEO XL Axiata, dalam sesi diskusi di gelaran Indonesia Golden Ring Award belum lama ini. 

"Untuk para application developer lokal, (mereka) bisa bekerja sama dengan operator untuk menyiasati bagaimana suatu aplikasi dapat berjalan dengan lancar ataupun berfungsi dengan baik di network LTE," terang lulusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Kemudian, wanita yang dipercaya sebagai CEO PT XL Axiata per 1 April 2015 ini menuturkan, operator dapat membantu para penyedia aplikasi dan konten lokal dalam hal pemasaran.

Dikatakannya, sehebat apa pun suatu aplikasi, tapi jika hanya sebatas dipajang di toko aplikasi, belum tentu aplikasi tersebut diakses atau diunduh oleh orang-orang. Maka, menurutnya, penyedia aplikasi dan konten lokal bisa bekerja sama dengan operator untuk go to market.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa operator juga bisa mengarahkan penyedia aplikasi dan konten lokal dalam hal segmentasi pasar.

"Jadi misalnya, XL segmennya adalah kelas ini, kelas ini, dan kelas ini. Terus kita bisa bekerja sama, misalnya, kalau untuk segmen masyarakat seperti itu, aplikasi yang cocok itu apa, lalu bagaimana menjangkau dan menawarkan aplikasi tersebut ke mereka," ujar wanita dengan lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri telekomunikasi itu.

Dian yang memulai karirnya di XL pada tahun 1996 meyakini, operator akan sangat terbuka untuk melakukan hal-hal tersebut.

(why/dew)