Sukses

8 Fitur Rahasia WhatsApp yang Tak Banyak Diketahui

Kendati WhatsApp adalah aplikasi sederhana, masih ada berbagai fitur yang belum diketahui sejumlah pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp saat ini adalah salah satu layanan pesan singkat populer, dengan lebih dari 900 juta pengguna di dunia. Karena popularitasnya yang terus menanjak, WhatsApp kerap digunakan untuk menjalin komunikasi secara personal ataupun grup.

Tidak seperti layanan pesan singkat (SMS), WhatsApp menggunakan koneksi data (internet). Sehingga para pengguna bisa mengirim pesan secara gratis, tanpa harus menggunakan pulsa tambahan.

Kendati aplikasi ini sederhana, masih ada berbagai fitur yang belum diketahui sejumlah pengguna. Setidaknya 8 fitur "rahasia" ini bisa menjadikan pengalaman pengguna menggunakan WhatsApp menjadi lebih asyik.

Berikuti 4 fitur "rahasia" WhatsApp yang ada di perangkat iOS dan Android, seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (23/9/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jumlah pesan dan mute grup

Bagi pengguna iPhone, Anda bisa mengetahui dengan siapa paling sering berkomunikasi di WhatsApp. Caranya dengan mengakses menu Settings, lalu pilih Account kemudian Storage Usage.

Nantinya, akan ada daftar kontak yang saling berkirim pesan dengan Anda bersama dengan jumlah pesannya. Namun menurut catatan laman BGR, fitur ini belum tersedia untuk pengguna perangkat Android.

Sedangkan fitur Mute grup, sama-sama tersedia di iOS dan Android. Notifikasi chat grup kadang cukup menyebalkan saat semua anggota sedang chatting, sedangkan Anda sedang tidak ingin diganggu.

Nah untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan fitur ini. Caranya, Anda harus terlebih dahulu masuk ke dalam grup, kemudian klik nama grup tersebut. Setelah itu akan muncul sejumlah opsi, salah satunya adalah "Mute". Nantinya akan muncul seberapa lama waktu yang diinginkan untuk membuat grup "diam" yaitu 8 jam, 1 pekan atau 1 tahun.

3 dari 5 halaman

Sembunyikan "Last Seen" dan mengganti nomor telepon

Menyembunyikan waktu "Last Seen" adalah fitur yang berguna, jika tidak ingin orang-orang tahu kapan terakhir kali Anda mengakses WhatsApp.

Cara mengaktifkan fitur ini yaitu pilih Settings, Account, Privacy, lalu "Last Seen". Dari sana, Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat waktu "Last Seen" apakah semua orang, daftar kontak, atau tidak seorang pun. Sebagai catatan, jika Anda tidak ingin membagi waktu "Last Seen", maka Anda juga tidak akan bisa melihat "Last Seen" orang lain.

Fitur lain yang berguna adalah mengubah nomor telepon. Jika memiliki nomor baru, Anda bisa mengubah nomor WhatsApp cukup mudah dengan cara mengakses Settigs, Account, lalu pilih Change Number. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan pihak WhatsApp. Dengan mengubah nomor telepon, maka info akun, grup dan pengaturan akan ikut pindah.

4 dari 5 halaman

Mengatur notifikasi setiap grup dan menyimpan foto

Anda bisa membedakan notifikasi (pemberitahuan) dari setiap grup yang ada di kontak WhatsApp. Fitur "Custom Notifications" terdapat di dalam setiap grup, dan Anda bisa mengatur beberapa hal seperti nada dan popup notifikasi.

Untuk menghemat ruang penyimpanan ponsel, Anda tidak perlu menyimpan semua file seperti foto yang di-share di WhatsApp. Untuk pengguna iOS, Anda bisa mengakses Settings, Privacy, kemudian pilih Photos dan jangan centang kolom WhatsApp. Dengan begitu, foto di WhatsApp yang sudah diunduh tidak akan tersimpan di dalam galeri.

5 dari 5 halaman

Mengetahui siapa yang baca pesan dan Read Receipts

Mengetahui ketika seseorang membaca pesan Anda merupakan hal yang berguna, khususnya di grup chat.

Untuk mengetahui siapa yang telah membaca pesan Anda di grup, caranya pun cukup mudah. Untuk pengguna iOS, pilih atau tekan pesan Anda yang ada di grup, setelah itu geser ke kiri. Nah, nama-nama orang yang telah membaca pesan Anda akan langsung muncul.

Sedangkan untuk pengguna Android, caranya tidak jauh berbeda. Ketika pesan dipilih atau ditekan, akan muncul logo i di dalam kurung alias 'Message Info" yang berisi nama-nama yang telah telah membaca pesan Anda. Fitur ini bisa digunakan dengan catatan, Anda mengaktifkan "Read Receipts" yang terdapat di dalam Settings.

Fitur "Read Receipts" juga berlaku untuk chat personal. Jika fitur ini tidak diaktifkan, maka teman Anda tidak akan tahu apakah pesan mereka telah dibaca atau belum. Begitu juga sebaliknya.

Untuk mengakses fitur ini, Anda harus terlebih dahulu mengakses Settings, Account, kemudian Privacy yang di dalamnya terdapat opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan "Read Receipts".

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.