Sukses

Netizen Galang Dana Rp 1,4 Miliar untuk Ahmed

Tak hanya dukungan moril, para netizen juga berinisiatif untuk menggalang dana Rp 1,4 miliar untuk Ahmed.

Liputan6.com, Texas - Nama Ahmed Mohamed kian berkibar di ranah maya. Pelajar muslim berusia 14 tahun ini dibekuk di sekolahnya, MacArthur High School, karena diduga merakit sebuah bom yang sebenarnya merupakan perangkat jam digital.

Tindakan gegabah pihak setempat yang menangkap Ahmed pun mengundang kecaman netizen di media sosial. Dukungan untuk Ahmed pun mengalir deras di linimasa. Bahkan, para petinggi, seperti Presiden Obama, Mark Zuckerberg, hingga Satya Nadella turut menyampaikan simpatinya ke remaja yang menggemari teknologi tersebut.

Selain dukungan moril, netizen juga berinisiatif mengadakan penggalangan dana untuk Ahmed di situs Launchgood. Dalam kampanye tersebut, mereka berkolaborasi dengan para aktivis serta masyarakat Texas untuk mengumpulkan dana dengan target sebesar US$ 100.000 atau sekitar Rp 1,4 miliar dalam kurun waktu 30 hari.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, hingga saat ini kampanye tersebut sudah meraup dana sampai US$ 10.000 atau sekitar Rp 144 juta.

Menurut informasi yang dilansir Popular Science, Senin (21/9/2015), setengah dana tersebut nantinya akan digunakan untuk beasiswa Ahmed. Namun, belum diungkap apakah memang nantinya Ahmed akan menggunakan dana tersebut untuk beasiswa di jenjang kuliah atau untuk menyelesaikan pendidikan SMA-nya. Setengahnya lagi akan didedikasikan untuk para generasi muda yang memiliki passion di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika.

Launchgood menyatakan bahwa kampanye ini memiliki kontributor pribadi yang bertugas untuk memastikan alur penggalangan dana Ahmed bisa mencapai tujuan. Jika Anda ingin turut menyumbang bisa langsung mengunjungi kampanye tersebut di tautan ini.

Dua hari setelah Ahmed ditangkap, pada Rabu kemarin, 16 September 2015, ia muncul di dalam sebuah konferensi pers dan memberikan keterangan singkat selama enam menit soal penangkapannya. Ahmed tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

Peristiwa yang dialami Ahmed tak luput dari perhatian petinggi teknologi. Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg menyatakan dukungan dan apresiasinya dengan mengundang Ahmed untuk datang ke kantor Facebook. Ia pun meminta Ahmed untuk terus berkarya di bidang teknologi dan dapat menginspirasi orang lain.

Sementara itu, CEO Microsoft, Satya Nadella tak mau ketinggalan dengan memberikan paket mewah gadget Microsoft ke Ahmed. Isi dari paket tersebut salah satunya adalah tablet Surface Pro 3.

Selain menciptakan jam digital, Ahmed pernah membeberkan bahwa ia sempat menciptakan speaker berteknologi Bluetooth dan berencana untuk mematenkan penemuannya karena ia telah memanfaatkan teknologi magnet neodymium. (Jek/Isk/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.