Sukses

Google Ternyata Sudah Memiliki Perusahaan Mobil Sendiri

Google tampak serius menggarap proyek mobil pintarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Google, perusahaan raksasa di ranah teknologi dan internet ternyata diam-diam telah memiliki perusahaan mobil sendiri. Kabar yang beredar luas ini didasari oleh dokumen rahasia milik Google yang berhasil diperoleh oleh The Guardian.

Dalam dokumen tersebut diungkap bahwa Google memiliki anak perusahaan yang diberi nama Google Auto. Menariknya, Google Auto ini telah terdaftar sebagai pabrikan resmi yang memproduksi 23 jenis mobil otomatis milik Lexus.

Lebih lanjut dipaparkan, nama Google Auto ternyata sudah terdaftar sejak tahun 2011 lalu ketika Google mengganti mobil tanpa supirnya dari Prius menjadi Lexus SUV. 

Dilansir dari laman The Verge, Kamis (6/8/2015), langkah Google memiliki anak perusahaan sendiri untuk proyek mobil tanpa supirnya diperkirakan untuk mengurangi resiko yang mungkin muncul. Dengan menggunakan anak perusahaan sendiri, maka resiko yang muncul akibat kecelakaan akan ditanggung oleh Google Auto dan tidak melibatkan pihak lain.

Meskipun demikian, keberadaan Google Auto tidak dapat memastikan dalam waktu dekat Google siap memproduksi mobil besutanya secara komersial. Sejauh ini mobil tanpa sopir Google masih merupakan proyek eksperimental dan terus menjalani rangkain tes.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.