Sukses

Selain Hitung Kalori, Smartphone Bakal Bisa Ukur Kadar Lemak

Kesehatan semakin menjadi area fokus utama bagi produsen perangkat mobile guna mengukur berbagai jenis data biometrik.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui aplikasi mobile, smartphone menjadi semakin pintar dan berguna untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah untuk kesehatan. smartphone kini bisa menghitung langkah kaki, memantau aktivitas tidur, memantau jumlah kalori pengguna, dan lain sebagainya.

Ya, kesehatan semakin menjadi area fokus utama bagi produsen perangkat mobile guna mengukur berbagai jenis data biometrik. Namun, sejauh ini belum ada satupun yang bisa mengukur lemak tubuh.

Memanfaatkan celah tersebut, Samsung merilis paten baru dengan metode detail yang melibatkan empat sensor yang terpasang di smartphone untuk mengukur lemak tubuh.

Dalam paten itu menunjukkan gambar pengguna sedang memegang sensor dengan kedua tangan untuk mendapatkan data. Semua sensor yang ada kemudian berkesinambungan untuk mengukur tingkat impedans setelah kontak dengan tubuh manusia.

Teknologi tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang mengutamakan kesehatan. Namun sayangnya, bejum jelas kapan Samsung akan merealisasikan proyek ini.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa paten belum tentu akan diimplementasikan dalam waktu dekat. Semoga saja teknologi inovatif ini akan terwujud lebih cepat dari yang diharapkan.

(isk/dhi/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini