Sukses

Waspada, Aplikasi Ini Bisa Bantu Stalker Lacak Lokasi Anda

Marauders Map, aplikasi peta impian para stalker yang bisa digunakan di Google Chrome

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingatkah Anda dengan film Harry Potter? Jika masih, di salah satu adegan film ketiganya, terdapat sebuah peta dengan nama Marauders Map. Peta ini merupakan peta dimana Anda bisa melihat langsung daftar orang-orang yang Anda ingin track lokasinya.

Marauders Map ini rupanya hadir di dunia nyata. Jika Anda sering menggunakan aplikasi pesan Facebook Messenger, ada sebuah tool yang hadir di browser Google Chrome yang memungkinkan penggunanya dapat melacak lokasi kontak Facebook Anda dimanapun dan kapanpun.

Laman Mirror melansir bahwa aplikasi ini dirancang untuk membuat para pengguna Facebook mencari track dan bahkan mengetahui lokasi akurat orang-orang pengguna Facebook lainnya. Bahkan, Anda pun juga dapat track lokasi orang-orang yang bukan termasuk di kontak Facebook Anda.

Namun, bagaimana lokasi Anda dapat dilacak oleh pengguna Facebook lainnya? lewat aplikasi pesan Facebook Messenger, Facebook secara otomatis akan merekam keberadaan Anda karena pasti posisi Anda terlacak oleh kemampuan GPS. Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan mengubah toggle setting lokasi Facebook yang ada di perangkat iOS dan Android.

Pembuat aplikasi ini, Aran Khanna, mengungkap bahwa aplikasi ini memang cocok untuk profesi stalker, orang yang iseng ataupun memang bekerja untuk mencari lokasi pribadi pengguna internet untuk keperluan tertentu.

Marauders Map sendiri merupakan aplikasi ekstensi yang hadir lewat Google Chrome. Cara kerjanya adalah dengan mengaktifkan aplikasi ini dan membuka Facebook, maka yang tampak lewat aplikasi Marauders Map ini adalah data lokasi yang tertangkap dari kontak teman Facebook Anda lewat Facebook Messenger.

Marauders Map

Jika kontak Facebook tersebut mengirim sebuah pesan, contohnya dari rumah, lalu beberapa jam kemudian ia mengirim pesan dari stasiun kereta, maka kedua ikon kecil akan muncul di dua lokasi yang berbeda di peta yang tampak di aplikasi tersebut. Canggih? Nampaknya justru sangat menganggu privasi, karena orang yang berkomunikasi dengan Anda bisa tahu kapanpun dimana Anda berada jika menggunakan aplikasi ini. 

Jika Anda memang tipe orang yang tidak ingin terlalu mengumbar kegiatan pribadi Anda dan tidak suka di-stalk, waspadalah. Sebaiknya Anda matikan dulu lokasi Anda di Facebook, sehingga nantinya akan terhindar dari orang-orang jahil yang sengaja ingin tahu dimana lokasi Anda.

(jek/dhi)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.