Sukses

Apple Watch Diklaim Kebal Hacker, Tapi...

Hampir seluruh pemrosesan informasi dan data-data pribadi yang sensitif pada Apple Watch terjadi di iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Patut diakui bahwa Apple Watch adalah karya indah perpaduan antara perhiasan dan teknologi. Kehadirannya diyakni mendongkrak pamor produk smartwatch yang sebelumnya kurang mendapat respon positif di pasaran.

Namun kemunculan Apple Watch tentunya juga menarik minat para hacker untuk menjadikannya sebagai celah baru sistem keamanan. Akan tetapi, jangan khawatir, jam tangan pintar debutan Apple itu kabarnya `kebal` dari ancaman hacker. Kata siapa?

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh ahli keamanan senior asal Kapersky Lab, Patrick Nielsen. Dalam sesi wawancara eksklusif dengan Business Insider ia menyatakan, "Salah satu keuntungan Apple Watch adalah perangkat tersebut memiliki celah keamanan yang sangat minim." 

Ia juga memaparkan bahwa Apple Watch sangat aman karena sebagian besar proses komputasinya terjadi di iPhone.

"iPhone yang digunakan bersama dengan Apple Watch menangani hampir seluruh pemrosesan informasi dan data-data pribadi yang sensitif. Apple Watch pada dasarnya hanya berfungsi sebagai display sekunder untuk iPhone yang ada di pergelangan tangan pengguna. Tidak bekerja secara mandiri," ungkap Nielsen.

Namun begitu, Nielsen meyakini ada sedikit celah keamanan berbahaya yang tersemat pada Apple Watch. Celah keamanan itu terdapat pada sistem pembayaran digital Apple Pay yang dapat diakses langsung via Apple Watch.

"Secara teori hal itu (pembobolan Apple Pay di Apple Watch) terjadi, hacker bisa saja mencuri data penting yang terkait dengan Apple Pay," ujar Nielsen.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini