Sukses

Haier Bakal Ekspor Smartphone dari Indonesia

Haier berencana meluncurkan smartphone dengan brand-nya sendiri dan akan diekspor ke luar negeri.

Liputan6.com, Seoul - Perusahaan elektronik asal Tiongkok, Haier, melihat peluang manis pasar smartphone di Indonesia. Karena itu Haier berencana meluncurkan smartphone dengan brand-nya sendiri pada kuartal III tahun ini dan akan diekspor ke luar negeri.

Country Manager Handphone Haier Indonesia, Kevin Jap mengatakan, Haier akan mulai beralih dari skema business-to-business (B2B) menjadi business-to-consumer (B2C). Haier ingin membuka peluang pasar yang lebih besar dan bersaing dengan vendor smartphone lainnya seperti Samsung.

Saat ini Haier adalah salah satu mitra manufaktur yang merakit smartphone Smartfren. "Kami mau meluncurkan smartphone dengan brand sendiri tahun ini. Tapi untuk sekarang fokusnya pada pembenahan pabrik dan mitra kami Smartfren," jelas Kevin kepada tim Tekno Liputan6.com di Seoul, Korea Selatan.

Jika semua berjalan sesuai rencana, smartphone Haier itu akan diproduksi di pabriknya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Tak hanya akan dipasarkan di Indonesia, smartphone itu nantinya juga akan diekspor ke luar negeri.

Sayangnya Kevin enggan merinci harga jual smartphone tersebut. Namun menurutnya, smartphone Haier itu akan berbasis sistem operasi (OS) Android dan mendukung jaringan 4G Long Term Evolution (LTE).

Ia mengaku Haier akan membuka peluang kerjasama dengan para operator Tanah Air. "Kita nanti akan terbuka kerjasama dengan operator GSM mana pun," ungkapnya.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.