Sukses

Begini Cara Melacak Alamat Email Seseorang

Berikut ini adalah beberapa langkah jitu yang memungkinkan Anda dapat menemukan alamat email teman-teman lama terbaik Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Anda kangen dengan teman-teman lama, namun tidak bisa bertemu dengan mereka karena Anda tidak menyimpan kontak atau alamat email mereka?

Jangan khawatir, Anda bisa menemukan teman-teman lama dan baru serta kontak bisnis melalui direktori alamat email dengan sejumlah cara.

Berikut ini adalah beberapa langkah jitu yang memungkinkan Anda dapat menemukan alamat email teman-teman lama terbaik Anda, seperti dikutip dari laman Abouttech, Kamis (8/1/2015). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Gunakan Fitur Pencarian

Jika Anda mencari alamat email seseorang dan berpikir Anda telah bertukar alamat email dengan mereka sebelumnya, temukan alamat mereka dengan cara menggunakan fitur pencarian program email atau account email berbasis web untuk mencari nama orang yang Anda cari.

Pastikan Anda memanfaatkan program atau layanan untuk melihat semua folder (bahkan folder trash), dan di semua header fields serta teks lengkap dari semua pesan.

Jika belum berhasil, coba mencarinya dengan cara mencantumkan nama depan atau nama belakang dan nama panggilan seseorang yang Anda cari.

3 dari 7 halaman

Manfaatkan Mesin Pencari

Jika Anda tahu sedikit informasi alamat email seseorang yang Anda cari (nama, misalnya), Anda dapat melakukan pencarian dengan menggunakan mesin pencari, seperti Google.

Mulailah dengan mengetik nama orang tersebut. Halaman-halaman yang muncul mungkin tidak hanya memuat nama target pencarian, tetapi kemungkinan juga alamat email mereka.

Bila belum berhasil, tambahkan data lain yang mungkin Anda ketahui, seperti profesi, julukan, nama hewan peliharaan, hobi atau alamat rumah orang yang Anda cari.

4 dari 7 halaman

Jaringan Sosial

Cobalah menggunakan jaringan sosial untuk menemukan alamat email teman lama Anda. Bisa mencari tahu melalui teman Anda di Facebook, Twitter, Path, dan jaringan media sosial populer lainnya.

Tanyakan setiap orang yang Anda kenal dan jangan ragu untuk berterus terang kepada mereka bahwa Anda memang benar-benar sedang mencari orang tersebut.

5 dari 7 halaman

Cari di Kartu Nama

Jika Anda merasa teman lama pernah memberikan kartu nama kepada Anda, cobalah untuk `membongkar` name card holder yang Anda miliki dengan teliti.

Siapa tahu saja, Anda akan menemukan alamat email mereka di kartu namanya.Solusi ini dirasa cukup jitu karena kebanyakan orang mencantumkan alamat email mereka di kartu namanya.

6 dari 7 halaman

Pakai soc.net-people

Jika cara-cara tersebut belum juga berhasil, Anda dapat mencarinya di soc.net-people. Soc.net-people sendiri adalah Usenet newsgroup yang memungkinkan Anda dapat meminta bantuan kepada seseorang yang Anda percaya untuk menemukan alamat email teman lama Anda.

Caranya adalah dengan mengirim pesan ke soc.net-people. Sertakan data alamat email yang Anda cari sedetail mungkin, baik yang relevan maupun tidak relevan.

(isk/dew)

7 dari 7 halaman

Infografis 11 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi. (Liputan6.com/Niman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.