Sukses

Rupiah Melemah, Harga Gadget Diprediksi Naik Tahun Depan

Di awal tahun 2015 mendatang kemungkinan besar harga jual PC dan perangkat mobile akan mulai merangkak naik.

Liputan6.com, Jakarta - Fluktuasi nilai rupiah disebut-sebut akan berpengaruh langsung terhadap harga jual sejumlah perangkat elektronik seperti PC (personal computer) dan perangkat mobile.

SMB Director Lenovo Indonesia, Irene Santosa mengatakan, melemahnya nilai tukar rupiah tidak akan berpengaruh pada harga jual perangkat elektronik hingga akhir tahun 2014 ini. Meski begitu, di awal tahun 2015 mendatang kemungkinan besar harga jual PC dan perangkat mobile akan mulai merangkak naik.

"Hingga akir tahun ini tidak akan berpengaruh meskipun rupiah terus melemah, kerugian sudah menjadi resiko principal. Tapi kalau kondisinya begini terus, awal tahun depan hampir dipastikan naik," jelas Irene di acara Lenovo Solution Day 2014 yang berlangsung di Hotel Marriot Jakarta.

Irene menegaskan, naiknya harga jual PC dan perangkat mobile bukan disebabkan oleh produsen yang ingin mengeruk keuntungan lebih, melainkan karena kondisi yang mengharuskan hal itu terjadi.

"Bukan untuk meningkatkan keuntungan, tapi karena nilai tukar rupuah yang fluktuatif. Kita tidak bisa berbuat banyak," ujar Irene.

Data valuta asing Bloomberg sendiri hari ini, Selasa (9/12/2014), mencatat bahwa rupiah mampu menguat namun masih berada di bawah level Rp 12.300 per dolar Amerika Serikat (AS). 

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.