Sukses

Laporkan Info Banjir di Sekitar Anda ke PetaJakarta.org

Melalui platform PetaJakarta.org ini, warga Jakarta dapat menyebarkan informasi tentang banjir dan infrastruktur air utama di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bekerjasama dengan Universitas Wollongong, Australia dan Twitter meluncurkan platform PetaJakarta.org. Layanan ini dibuat untuk mengumpulkan dan menyajikan informasi banjir secara real-time.

Informasi banjir akan dikumpulkan melalui metode crowd-source, dengan cara memberdayakan masyarakat pengguna media sosial sebagai sumber informasinya. Dengan platform open source berbasis masyarakat ini, warga Jakarta dapat menyebarkan informasi tentang banjir dan infrastruktur air utama di Jakarta.

Direktur Penelitian dari Fasilitas Infrastruktur SMART Universitas Wollongong, Pascal Perez mengatakan, proyek ini bukan untuk mengumpulkan data terkait banjir secara pasif. Namun juga sebagai wujud tindakan.

"Kami tidak butuh data yang banyak, tapi kami butuh smart data, dan sensor terpintar yang kami punya adalah masyarakat itu sendiri. Melalui kerjasama dengan BPBD dan Twitter, kita memberdayakan masyarakat untuk melaporkan masalah banjir," ujar Pascal Perez di Balaikota Jakarta.

Di website resminya disebutkan, platform PetaJakarta.org ini menggunakan perangkat lunak open source bernama CogniCity -- yaitu sebuah kerangka GeoSocial Intelligence, yang memungkinkan informasi dikumpulkan dan disebarkan oleh masyarakat melalui perangkat seluler mereka berdasarkan lokasi.

Sementara itu, Mark Gillis dari Twitter mengatakan bahwa program PetaJakarta.org merupakan suatu penggunaan data Twitter yang inovatif guna mengatasi permasalahan serius dari banjir bagi jutaan orang.

"Jakarta adalah tempat yang ideal untuk menghasilkan sinyal real-time kualitas tinggi bagi sistem penanggulangan bencana BPBD. Hal ini menunjukkan bagaimana data Twitter dapat mendorong perubahan sosial yang positif," tutur Mark Gillis.

Cara melapor banjir:
1. Buka akun Twitter Anda
2. Aktifkan Geolokasi
Mengaktifkan fitur geolokasi ini akan sangat berguna untuk membantu tim PetaJakarta.org menandai lokasi banjir di peta
3. Tweet pesan Anda dengan me-mention akun @petajkt dan hashtag #banjir

Pesan yang Anda tweet nantinya akan ditampilkan di peta.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.