Sukses

Chromebook Google Sukses Jungkalkan Dominasi iPad

Liputan6.com, Kehadiran perangkat komputer tablet di ranah gadget dunia perlahan mempengaruhi dunia pendidikan. iPad sebagai pioner perangkat tablet sempat menjadi jawara di industri perangkat pintar yang dipakai untuk dunia pendidikan, khususnya di sekolah-sekolah.

Namun, kedigdayaan iPad di dunia pendidikan lambat laun tergerus oleh perangkat lain. Sebuah hasil riset terbaru yang dikeluarkan International Data Corporation (IDC) menujukkan komputer Chromebook dari Google sukses menggeser iPad di sekolah-sekolah Amerika Serikat.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Rabu (3/12/2014), kemenangan Chromebook atas iPad ini merupakan kali pertama meraih seperempat pangsa penjualan pada sektor edukasi yang ada di Negeri Paman Sam.

Laporan IDC itu menyebutkan Google mampu mengirim 715 ribu Chromebook ke sekolah-sekolah selama kuartal ketiga lalu. Sementara itu, di saat yang sama Apple hanya mampu mengirim 702 ribu iPad ke pengguna gadget di sektor pendidikan.

Peningkatan penjualan yang terjadi di perangkat Chromebook diprediksi karena harga jualnya yang lebih murah ketimbang iPad. Gadget dari Google itu dibanderol mulai dari US$ 199 atau sekitar Rp 2,4 jutaan dibandingkan iPad yang dipasarkan dengan harga mulai US$ 379 atau setara Rp 4,7 jutaan.

Di laporan tersebut, IDC juga menyebutkan sekolah lebih memilih Chromebook karena dilengkapi keyboard fisik daripada iPad yang hanya memiliki layar sentuh dan harus menambahkan biaya aksesoris bila ingin memiliki keyboard fisik. Sejumlah pekerja IT di sekolah juga lebih memilih Chromebook karena relatif mudah diatur daripada iPad.

Meski begitu, baik Apple maupun Google sudah memberikan dukungan aplikasi khusus bagi pengguna di sektor edukasi melalui toko aplikasi masing-masing. Apple menyediakannya lewat iTunes U, sementara Google menyusul kemudian menyediakan Google Play for Education. (den/isk)