Sukses

Ini Alasan XL Axiata Menyisipkan Iklan di Layanan Data

XL mengaku punya argumen sendiri atas tindakan penyisipan iklan yang dilakukan kepada pelanggannya

Liputan6.com, Jakarta PT XL Axiata (XL) dianggap sebagai salah satu operator telekomunikasi yang tidak bertanggung jawab karena memasukkan iklan sisipan yang menggangu (intrusive ads)  ke dalam situs yang diakses pelanggannya. Penyedia layanan telekomunikasi nomor dua terbesar di Indonesia itu mengaku punya argumen sendiri atas tindakan tersebut.

"Sah-sah saja dari pihak lain mengeluarkan penolakan dengan argumen tertentu atas intrusive ads kita. Tapi kita punya argumen kenapa iklan sisipan kita tampilkan kepada pelanggan ketika mengakses internet," ujar Henry Wijayanto, Manager Corporate Communications XL yang dihubungi tim Tekno Liputan6.com via telepon.

Pria berkacamata itu mengungkapkan bahwa operator memang diberi kewenangan untuk mengatur dan memanfaatkan jaringan yang dibangunnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan itu ialah intrusive ads yang disajikannya kepada pengguna layanan data.

"Operator kan diberi kewenangan untuk mengatur dan merawat jaringan yang kita miliki. Salah satu hal yang mungkin kita lakukan dengan kewenangan itu ialah memanfaatkannya untuk  mobile advertising," ujar Henry.

Meski begitu, Henry mengklaim akan menghargai penolakan dan argumen yang disampaikan pihak lain. Henry mengungkapkan perusahaannya tetap akan melakukan diskusi lebih lanjut dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Telekomunikasi Indonesia (ATSI) sebagai wadah para operator untuk mengambil sikap atas penilaian pihak lain yang menolak iklan sisipan tersebut.

Sebelumnya, penolakan terhadap praktik intrusive ads diungkapkan oleh Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) maupun Asosiasi Digital Indonesia (IDA). Selain XL, operator yang menjalankan praktik intrusive ads ialah PT Telkomsel yang merupakan anak usaha Telkom Group Tbk. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini