Sukses

SBY Puji Ambisi Bandung Jadi Kota Silicon Valley

Saat ini Bandung telah memiliki perusahaan teknologi yang cukup menonjol dan diakui dunia internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Keinginan Bandung untuk menjadi kota berbasis teknologi maju ala Silicon Valley Amerika Serikat mendapat pujian langsung dari orang nomor satu di Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam pidato kenegaraannya, ia mengaku bangga atas impian kota Bandung tersebut.

"Kita bangga dengan ambisi Bandung untuk menjadi Silicon Valley Indonesia," kata SBY dalam pidato kenegaraan di hadapan anggota Dewan Permusyawaratan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Jumat (15/8/2014).

Walikota Bandung, Ridwan Kamil memang pernah mengungkap rencana ambisiusnya untuk membangun Kota Kembang sebagai Silicon Valley Indonesia. Ia juga memaparkan berbagai kekuatan pendukung yang dimiliki Bandung agar berevolusi menjadi kota berbasis teknologi terdepan di Tanah Air. 

Institut Teknologi Bandung (ITB), universitas teknologi terbesar di Indonesia yang berada di Kota Kembang itu dianggap sebagai salah satu kekuatan utama agar 'Silicon Valley' terbangun di Bandung. Adanya ITB disebutkan akan menjadi ladang 'amunisi' Bandung dalam menyediakan tenaga teknologi profesional.

Kota berjuluk Paris van Java tersebut juga mencanangkan diri bakalan bergerak di barisan paling depan dalam membangun kota pintar yang terintegrasi. Berbagai kalangan disebutkan telah ikut andil pada langkah realisasi kota pintar di Bandung.

Saat ini, Bandung telah memiliki perusahaan teknologi yang cukup menonjol dan diakui dunia internasional, di antaranya pengembang game Agate Studio dan Digital Happiness. Berbagai komunitas teknologi juga mulai menjamur di Bandung.

Semoga rencana pembangunan Bandung sebagai Silicon Valley dapat terwujud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.