Sukses

Para Pejuang Internet Indonesia Diajak Kumpul Berdialog

Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF) akan menggelar Dialog Nasional Tata Kelola Internet Indonesia untuk mewadahi itu.

Liputan6.com, Jakarta - Persoalan Internet bukan hanya dari sisi teknis atau infrastuktur saja. Karena itu, para pemangku kepentingan dinilai perlu melakukan dialog tentang tata kelola internet di Indonesia secara lebih profesional, transparan dan akuntabel.

Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF) kembali akan menggelar Dialog Nasional Tata Kelola Internet Indonesia atau National ID-IGF Dialogue 2014 untuk mewadahi itu. Pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi dan komunitas teknis diharapkan dapat duduk bareng dan berdialog secara inklusif dan kolaboratif. 

Acara ini akan digelar di Hotel Borobudur – Jakarta, Rabu (20 Agustus 2014), dari pukul 08.00 s/d 18.30 WIB. Acara Dialog Nasional tersebut merupakan rangkaian ke-2, setelah yang pertama diselenggarakan pada 1 November 2012 di Jakarta. Sebelumnya pada 22 Oktober 2013, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah pelaksana Global IGF Dialogue ke-7 di Bali.

IGF sendiri merupakan salah satu hasil pertemuan World Summit on the Information Society (WSIS) di Tunisia tahun 2005 lalu. Melalui forum itu, para pemangku kepentingan duduk bersama-sama untuk berdiskusi dan bertukar ide agar bisa mewujudkan tata kelola internet yang lebih baik.

Indonesia sendiri saat ini memiliki jumlah pengguna Internet mencapai 82 juta orang menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika, memposisikan dirinya pada peringkat ke-8 di dunia. 

Dengan jumlah pengguna Internet yang besar, beragam kepentingan dan sudut pandang, maka dinamika, problematika, peluang dan tantangan terkait tata kelola Internet di Indonesia menjadi sangat unik dan dinamis. Indonesia bisa menjadi contoh dan sorotan bagi bangsa lain dalam hal tata kelola Internet.

Adapun seluruh sesi dialog di dalam acara National ID-IGF Dialogue 2014 dapat diikuti secara gratis oleh masyarakat luas. Ada 12 (dua belas) sesi yang menarik, kontekstual dan relevan dengan kebutuhan dan kondisi Indonesia.

Informasi tentang acara tersebut dan cara pendaftaran bisa diakses melalui situs www.id-igf.or.id. Pendaftaran sudah dibuka sejak Senin, 4 Agustus 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini