Sukses

Costumer Service Juga Dimanfaatkan Pelanggan Untuk Cari Jodoh

Costumer service ternyata juga dimanfaatkan para pelanggan XL untuk mencari jodoh.

Liputan6.com, Jogjakarta - Costumer service (CS) umumnya disediakan untuk membantu pelanggan dalam menangani masalah terkait layanan yang disediakan sebuah perusahaan. Namun, tak sedikit orang yang menghubungi costumer service hanya sekedar untuk mencari jodoh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Firman Akbar, Deputy Head Call Center PT XL Axiata Tbk saat tim Tekno Liputan6.com mengunjungi pusat layanan pelanggan XL di Jogjakarta dalam rangkaian uji jaringan kesiapan Idul Fitri 2014.

"Banyak juga orang yang mencari jodoh, misalnya bertanya kapan CS-nya pulang terus nanya nomor telepon atau rumahnya. Biasanya pihak kami akan memutuskan saluran dengan santun dan tetap sesuai prosedur karena mereka tetap pelanggan," kata Firman.

Selain itu, Firman mengaku bahwa pelanggan juga masih sering menelepon layanan pelanggan untuk menanyakan kode lagu yang ingin dijadikan ring back tone (RBT) maupun mengaktifkan layanan lainnya.

"Masih banyak juga pelanggan yang menghubungi kita untuk nanya kode RBT atau layanan lain karena mereka tidak mau ribet untuk mencarinya. Kalau telepon ke CS kan, mereka langsung bisa menerima lagu aktif di nomornya," tambah Firman.

Pria berdarah Batak itu pun menyebutkan bahwa pihaknya memang menyediakan kemampuan asistensi pengaturan ponsel dan pemahaman produk yang baik ke tenaga CS-nya. Kemampuan asistensi itu diklaim membuat tenaga CS XL disebut sebagai Costumer Engagement Champion alias CEC.

"Kami mempunyai lebih dari 800 orang CEC yang siap melayani pelanggan XL. Mereka tersebar di Jogjakarta sebanyak 600 orang dan di Jakarta 300 orang, yang mana siap menangani setiap keluhan pelanggan terkait layanan XL," papar Firman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.