Sukses

Jaringan Telkomsel Siap Hadapi Serbuan Trafik Mudik Lebaran

Telkomsel menggelar uji coba jaringan Network Drive Test 2014 di sepanjang jalur mudik kereta api pantai utara Jawa rute Jakarta-Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Untuk memastikan kesiapan jaringan menghadapi lonjakan trafik telekomunikasi selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2014, Telkomsel menggelar uji coba jaringan Network Drive Test 2014 di sepanjang jalur mudik kereta api pantai utara Jawa rute Jakarta-Surabaya.

Uji jaringan telah selesai dilakukan pada 9 Juni 2014 bersama para awak media dan blogger, untuk memastikan bahwa kualitas sinyal sudah memenuhi kriteria yang ditentukan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Adapun jalur mudik Kereta Api Jakarta-Surabaya ini dilayani lebih kurang 946 BTS (Base Transceiver Station).

"Secara keseluruhan hasilnya memperlihatkan bahwa jaringan Telkomsel siap menghadapi serbuan momen Ramadhan dan Lebaran 2014 yang diprediksi akan mengalami lonjakan cukup signifikan, terutama pada data," papar Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief di Hotel JW Marriot, Surabaya, Rabu (11/6/2014).  

Dari hasil Drive Test, diperoleh angka rata-rata sebagai berikut: CSSR (tingkat keberhasilan panggilan) 98%, CST (lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penggilan) 7,6 detik, CCSR (tingkat drop call) 1,68%, MOS (tingkat kejernihan suara) 93,85% dalam skala > 3 – 3,5 (BAIK), dan Throughput (kecepatan mengunduh data) 832.6 kbps.

Abdus tak memungkiri bahwa kecepatan mengunduh data di beberapa lokasi ada yang kurang memadai (ditandai warna merah). "Itu berarti berada di jaringan 2G. Untuk ke depannya kita akan terus memperkuat daerah lain yang membutuhkan jaringan 3G," kata Abdus.

Pada kesempatan yang sama, VP Manager Telkomsel Area 3 Jawa Tengah, Bali dan Nusa Tenggara Yeti Kusumawati menambahkan, warna merah bisa jadi memang karena ada gangguan, kemungkinan karena ada masalah putusnya kabel transmisi karena tercangkul Dinas Pekerjaan Umum.

Namun ia mengklaim waktu pemulihannya tidak akan lama. "Memang tidak akan bisa semua jaringannya menunjukkan indikator biru (bagus). Tapi paling tidak untuk kebutuhan menggunakan media sosial, browsing, itu kami jamin akan lancar," pungkas Yeti lagi.

Untuk Ramadhan dan Lebaran tahun ini, Telkomsel fokus di 760 titik yang akan ramai dikunjungi warga seperti publik area, salah satunya stasiun kereta api karena jumlah orang yang akan mudik menggunakan jalur tersebut tidak senormal seperti hari biasa.

Pada rangkaian kegiatan Network Drive Test 2014, Telkomsel juga menyerahkan bantuan 19 ton Kurma ke 6 Masjid di 6 kota besar di Indonesia untuk ta'jil selama bulan Ramadhan. Bantuan diberikan secara simbolis kepada keenam perwakilan Imam Masjid tersebut di Masjid Al-Akbar Surabaya, Selasa (10/6/2014) malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.