Sukses

Telkomsel Incar Rp 6 Triliun Selama Bulan Ramadhan

Operator seluler terbesar di Indonesia itu menargetkan perputaran uang sebesar Rp 6 triliun pada layanannya selama bulan Ramadhan 2014.

Liputan6.com, Surabaya - Bulan suci Ramadhan yang akan datang sebentar lagi tidak hanya membawa berkah bagi para penjual makanan, namun juga operator telekomunikasi. Selama Ramadhan, trafik telekomunikasi selalu naik tajam karena banyak orang yang memanfaatkan layanan seluler dan data.

Momentum ini tak ingin disia-siakan oleh Telkomsel begitu saja. Operator seluler terbesar di Indonesia itu menargetkan perputaran uang sebesar Rp 6 triliun untuk layanannya selama bulan Ramadhan 2014. Dan untuk malam Lebaran, Telkomsel berharap bisa mendapatkan Rp 300 miliar semalam.

"Peek recharger tahun 2012 saat malam takbiran mencapai Rp 232 miliar dalam semalam, sedangkan tahun 2013 kami mendapatkan Rp 262 miliar, dan tahun ini kami memproyeksikan dapat meraih Rp 300 miliar semalam," papar Mas'ud Khamid, Direktur Penjualan Telkomsel pada acara Network Drive Test 2014 di Surabaya kemarin.

Selama Lebaran, Mas'ud menjelaskan bahwa terjadi pergeseran penduduk dimana hampir 20 juta orang mudik setiap tahunnya. Dan semua masyarakat memerlukan trafik telekomunikasi yang maksimum.

Mas'ud juga tak menampik bahwa bulan Juni hingga Juli merupakan bulan yang sibuk karena ada banyak momen yang berdekatan penyelenggaraannya, mulai dari Piala Dunia, Ramadhan, pemilihan presiden, hingga persiapan mudik Lebaran.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi itu, Telkomsel akan menyiagakan tambahan COMBAT (Compact Mobile Base Station) sebanyak 41 unit demi kelancaran komunikasi. Selain itu, Telkomsel juga membenahi jaringan dan memaksimalkan kapasitas jaringan di daerah tujuan mudik serta menambah ‎150 BTS baru khusus untuk Lebaran.

Selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini, Telkomsel memperkirakan adanya lonjakan trafik di beberapa daerah tujuan mudik dengan rata-rata lonjakan layanan mencapai 0-5% untuk Voice, 10-15% pada layanan SMS. Lonjakan trafik terbanyak diperkirakan terjadi pada layanan data dengan kenaikan antara 25%-35% dibanding hari biasa.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief sebelumnya mengatakan bahwa Lebaran tahun ini trafik data diperkirakan akan lebih tinggi dari tahun lalu, naik 170% dibanding tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini