Sukses

Telkomsel Kerahkan 41 COMBAT Untuk Ramadhan & Lebaran

Telkomsel menyiagakan tambahan COMBAT (Compact Mobile Base Station) sebanyak 41 unit demi kelancaran komunikasi.

Liputan6.com, Cirebon - Lonjakan trafik telekomunikasi selalu ‎terjadi setiap tahunnya selama masa Ramadhan hingga Lebaran. Untuk mengantisipasi hal itu, Telkomsel menyiagakan tambahan COMBAT (Compact Mobile Base Station) sebanyak 41 unit demi kelancaran komunikasi.

Selain itu, operator telekomunikasi terbesar di Indonesia itu juga akan memaksimalkan kapasitas jaringan di daerah tujuan mudik dan menambah ‎150 BTS baru untuk Lebaran.

"Sebagian masih progres, targetnya minggu depan selesai," kata Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief dalam perjalanan melakukan uji jaringan Network Drive Test 2014 yang digelar Telkomsel bersama para awak media dan blogger, Senin (9/6/2014).

Selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini, Telkomsel memperkirakan adanya lonjakan trafik di beberapa daerah tujuan mudik dengan rata-rata lonjakan layanan mencapai 0-5% untuk Voice, 10-15% pada layanan SMS. Lonjakan trafik terbanyak diperkirakan terjadi pada layanan data dengan kenaikan antara 25%-35% dibanding hari biasa.

Diungkapkan Abdus, dilihat dari tren kenaikan penggunaan data, Lebaran tahun ini trafik data diperkirakan akan lebih tinggi dari tahun lalu.

"Tahun ini trafik data diperkirakan naik 170% dibanding tahun lalu. Hingga semester pertama tahun 2014 ini saja kenaikan trafik datanya sudah mencapai 147%. Tahun lalu, kenaikan trafik data hanya 115%," papar Abdus.

Karena itulah, selain memastikan kenyamanan pelanggan untuk menggunakan layanan voice dan SMS, Telkomsel juga fokus pada layanan akses data agar pelanggan dapat menikmati layanan digital di mana pun dan kapan pun.

"Ada 760 titik yang menjadi perhatian khusus kami selama Lebaran tahun ini, selain menyiapkan mobile BTS dan penambahan kapasitas yang disebutkan tadi," terang Abdus lagi.

Sepanjang tahun ini, Telkomsel terus melakukan pembangunan BTS (Base Transceiver Station) di berbagai daerah di Indonesia. Hingga pertengahan tahun ini, sebanyak 8.500 BTS telah on-air. Total BTS yang dimiliki Telkomsel hingga akhir Mei 2014 tercatat mencapai 77.800 BTS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini