Sukses

Persaingan Apple vs Google Masuki Ranah Game Mobile

Baik Apple dan Google diketahui telah melayangkan penawaran promosi khusus bagi studio dan publisher game.

Liputan6.com, California Di pasar sistem operasi mobile, persaingan antara Apple selaku pembesut iOS dan Google sang empunya Android terjadi begitu sengit. Bahkan kini adu kekuatan antar keduanya tak hanya terjadi di sektor popularitas dan seberapa banyak perangkat pengadopsi iOS atau Android yang terjual di pasaran, namun persaingan keduanya juga telah melebar ke ranah ekosistem game mobile.

Menurut laporan Cnet, Selasa (22/4/2014), kedua perusahaan raksasa itu kini tengah serius membujuk sejumlah studio dan publisher game untuk menghadirkan judul game mobile eksklusif di masing-masing platform besutannya.

Baik Apple dan Google diketahui telah melayangkan penawaran promosi khusus bagi studio dan publisher game yang mau merilis game mobile anyarnya di salah satu platform terlebih dulu.

Meski belum ada konfirmasi dari kedua belah pihak, namun bila kita melihat ke belakang, maka bisa dikatakan perangkat iOS milik Apple selalu lebih unggul dibandingkan jajaran perangkat berbasis Android untuk urusan aplikasi dan game mobile.

Contohnya adalah kesepakatan yang diraih Apple dan Electronic Arts (EA) yang menghasilkan hak ekslusif untuk judul game mobile Plants Vs Zombies 2 di toko aplikasi Apple AppStore. Perusahaan berlogo 'apel tergigit' itu juga mendapatkan keistimewaan untuk sekuel judul game populer Cut the Rope 2 milik studio game ZeptoLab. Terkini, Apple AppStore juga menjadi yang pertama mencicipi sekuel game Angry Birds Epic dari Rovio.

Sementara toko aplikasi Google Play Store selalu dinomorduakan. Rata-rata game mobile yang sudah lebih dulu hadir di Apple AppStore membutuhkan waktu sekitar dua bulan sebelum bisa hadir di toko aplikasi bagi perangkat Android tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini