Sukses

Hanafing: Peluang Menang Timnas Indonesia 70 Persen, Pemain Harus Lupakan Kekalahan dari Irak

Hanafing menilai, tidak ada yang spesial dari permainan Filipina. Justru, mereka tampak lebih banyak dalam bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik cepat.

Liputan6.com, Surabaya - Mantan pemain Timnas Indonesia Hanafing mengungkapkan, para pemain Timnas Indonesia harus melupakan kekalahan lawan Irak saat menghadapi Filipina di laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam nanti.

Hanafing menilai bahwa permainan Timnas Indonesia kala itu tidak begitu jelek meskipun memang secara permainan kalah level dari Irak.

“Timnas ini kalau dipressing kelihatan kacau tidak bisa keluar dari tekanan sehingga kelihatan banyak melakukan kesalahan sendiri. Ini yang harus diperbaiki,” ujar Hanafing, Selasa (11/6/2024).

Namun, kata Hanafing, jika melihat data statistik dan permainan Filipina. Dia meyakini Timnas memiliki peluang besar untuk menang.

Mantan Pemain yang membawa Timnas Indonesia juara SEA Games 1991 itu menilai, tidak ada yang spesial dari permainan Filipina. Justru, mereka tampak lebih banyak dalam bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik cepat.

Sehingga, Hanafing menyebut, peluang menang Timnas Indonesia 70 persen berbanding 30 persen. Tergantung pula faktor keberuntungan di lapangan.

“Peluang menang iya ada, mungkin bisa menang 2-0 atau bisa 3-0. Saya yakin Filipina lebih dominan bertahan dari pada menyerang dan hanya mengandalkan counter attack,” ucapnya.

Diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi laga pamungkas Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 11 Juni 2024 malam nanti.

Laga ini menjadi penentu bagi skuad asuhan Shin Tae-Yong untuk bisa lolos ke putaran ketiga. Pasalnya, posisi Timnas masih belum aman meski berada di peringkat kedua namun hanya terpaut satu poin dari Vietnam di peringkat ketiga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Memang, Indonesia lebih diuntungkan karena lawan yang dihadapi adalah Filipina sang juru kunci. Namun, Vietnam tak bisa diremehkan pula apabila bisa menang lawan Irak, sementara Indonesia gagal menang, maka Vietnam yang akan mendampingi Irak ke putaran selanjutnya.

Prakiraan susunan pemain:

Timnas Indonesia:

Ernando Ari; Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Pratama Arhan, Ivar Jenner, Thom Haye, Nathan Tjoe A On, Marselino Ferdinan; Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick.

Filipina:

Neil Etheridge; Scott Woods, Adrian Ugelvik, Christian Rontini, Simen Lyngbo; Kevin Ingreso, Michael Baldisimo, OJ Porteria, Demuynck, A Monis; P Reichelt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini