Sukses

Hamil 6 Minggu, Seorang Jemaah Calon Haji Asal Bondowoso Dipulangkan

Seorang jemaah calon haji kloter 50 dari Bondowoso, SM (34), terpaksa dipulangkan usai diketahui sedang hamil saat pemeriksaan WUS (Wanita Usia Subur) tim kesehatan PPIH Embarkasi Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Seorang jemaah calon haji kloter 50 dari Bondowoso, SM (34), terpaksa dipulangkan usai diketahui sedang hamil saat pemeriksaan WUS (Wanita Usia Subur) tim kesehatan PPIH Embarkasi Surabaya.

Berdasarkan pemeriksaan lebih lanjut, usia kandungan jemaah haji tersebut mencapai sekitar 6 minggu. Oleh tim kesehatan, keberangkatan jemaah haji tersebut diputuskan ditunda keberangkatannya tahun ini.

SM tidak menyangka dirinya hamil setelah menunggu selama 15 tahun. SM berangkat tahun ini karena ikut penggabungan dengan ibunya. Karena adanya kejadian ini, ibunda SM tetap berangkat ke tanah suci dan SM pulang ke daerah karena usia kehamilannya belum memenuhi syarat.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris menjelaskan sesuai ketentuan tim Kesehatan, batasan kehamilan adalah minimal 14 minggu dan kurang dari 26 minggu.

"Jemaah haji dari Bondowoso ini usia kehamilannya kurang dari 14 minggu sehingga belum diizinkan berangkat. Jatah kursi yang kosong akan diberikan pada jemaah lain yang masuk daftar Cadangan,” tutur Haris, Senin (27/5/2024).

Pemberangkatan jemaah haji telah memasuki gelombang II. Hingga Minggu (25/5/2024), Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) telah memberangkatkan 56 kloter. Total 20.484 jemaah dan 280 petugas atau sejumlah 20.764 orang (53%) yang telah diberangkatkan. 

Abdul Haris mengungkapkan di antara puluhan ribu jemaah yang telah diberangkatkan, ada beberapa jemaah yang tertunda keberangkatannya di asrama haji.

"Saat ini ada 6 jemaah haji tertunda keberangkatannya di asrama haji. 4 jemaah karena dirawat di RS Haji serta 2 orang adalah pendamping ,” jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Haji Wafat

Pria yang menjabat sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Timur ini juga mengungkapkan kabar duka dari jemaah haji.

“Innalillahi wa inna Ilaihi rojiun, bertambah lagi jemaah haji dari Jawa Timur yang wafat. Satu jemaah haji wafat di RS Haji, yaitu Ibu Soetimur Suto, usia 67 tahun, yang tergabung kloter 12 asal Tuban,” terang Haris.

Sedangkan satu lagi adalah jemaah haji wafat di Makkah atas nama Sutarso Tasripin Kamsi (62). Sutarso merupakan jemaah haji yang tergabung dalam kloter 3 asal Bojonegoro. Pada Jum’at (24/5) dikabarkan wafat karena sakit Jantung.

“Insya Allah para jemaah haji wafat dalam keadaan husnul khatimah karena mereka dalam kondisi syahid. Allohumma amiin,” tutur Haris.

Dengan demikian total jemaah haji Jawa Timur yang wafat di tanah suci adalah dua orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.