Sukses

26 Tahun Menabung, Mbah Tono Pemulung Asal Ponorogo Berangkat Haji 2024

Mbah Tono mengaku tekad kuatnya untuk menjalankan ibadah haji datang usai bermimpi digandeng seseorang berkeliling ka'bah.

Liputan6.com, Ponorogo - Supartono (61) warga Ponorogo Jatim, yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung sekaligus tukang becak, akhirnya mewujudkan impiannya untuk pergi haji ke Tanah Suci setelah 26 tahun menabung.

"Keinginan naik haji itu muncul saat 1998 silam. Saya kerjanya serabutan. Alhamdulillah saya masih semangat, masih kuat, seandainya saya bisa cari penghasilan, setiap hari masih pemulung, becak, ojek, juga tukang sapu," ujar Mbah Tono, sapaan akrabnya, Jumat (17/5/2024).

Hasil kerja kerasnya, Mbah Tono menyisihkan sebagian rezekinya dengan menabung agar bisa berangkat haji. Setiap harinya, Mbah Tono menabung mulai Rp 2 ribu hingga Rp 15 ribu setiap harinya.

"Saya awalnya nabung cuma bisa mampu seribu sehari, naik jadi tiga ribu, naik terus jadi Rp 15 ribu," ucapnya.

Mbah Tono mengaku tekad kuatnya untuk menjalankan ibadah haji datang usai bermimpi digandeng seseorang berkeliling ka'bah.

"Saya terbangun saat itu. Langsung berdoa kepada Gusti Pangeran Yang Maha Agung untuk bisa menunaikan ibadah haji," ujarnya.

Niat tersebut membuatnya termotivasi bekerja lebih keras lagi. Setiap uang yang ia kumpulkan dari hasil kerja digunakan untuk membeli kambing, anak-anak sapi, yang kemudian dijual.

Hasilnya kemudian digunakan untuk mendaftar haji pada 2011 lalu sekaligus menutup pelunasan haji di tahun 2024 ini.

"Saya tidak mau meminta uang dari kedua anak saya. Saya gak mau dibantu anak. Kalau kita punya anak, kalau anak sudah kerja jangan dimusuhi. Meskipun tukang becak sekarang tidak laku," ucapnya.

Mbah Tono tergabung dalam kloter 19 Embarkasi Surabaya dan dijadwalkan terbang ke Tanah Suci Mekah pada Kamis, 16 Mei 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menag Pastikan Semua Layanan Haji di Arab Saudi Sudah Siap

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan semua layanan untuk jemaah haji asal Indonesia di Arab Saudi sudah siap, termasuk mengenai penginapan dan akomodasi. Menurut dia, tidak ada kendala terkait pelayanan haji di Arab Saudi.

"Siap, Insya Allah sudah siap. Saya sudah cek ke sana semua layanan diperuntukkan jemaah Insya Allah sudah siap semua. (Penginapan dan akomodasi) sudah, Alhamdulillah sudah," kata Yaqut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 16 Mei 2024.

"Insya allah (semua lancar). Mudah-mudahan doakan saja lancar," sambungnya.

Dia pun mengingatkan jemaah untuk terus menjaga kesehatan selama melakukan ibadah haji di Arab Saudi. Yaqut memastikan jemaah sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat haji.

"Sudah (ada himbauan) sebelum mereka jemaah ini melunasi sudah ada pemeriksaan kesehatan yang kita sebut dengan mekanisme institusi kesehatan. Dinyatakan siap baru mereka melakukan pelunasan," tutur dia.

"Soal sakit enggak bisa diminta, juga enggak bisa ditolak. Siapa saja bisa sakit, bisa kena," imbuh Yaqut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.