Sukses

104.937 Calon Peserta Didik Baru Mendaftar PPDB Jatim 2024 Tahap 1, Berikut Rinciannya

Dinas Pendidikan Jawa Timur (Disdik Jatim) mencatat 104.937 calon peserta didik baru (CPDB) mendaftar di jalur afirmasi, prestasi lomba dan perpindahan tugas orangtua pada tahap 1 penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMAN/SMKN.

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Pendidikan Jawa Timur  (Disdik Jatim) mencatat 104.937 calon peserta didik baru (CPDB) mendaftar di jalur afirmasi, prestasi lomba dan perpindahan tugas orangtua pada tahap 1 penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMAN/SMKN.

"Alhamdulillah hasil akhir pendaftar sebanyak 104.937 calon siswa dengan rincian 75.479 jalur afirmasi, 24.439 jalur prestasi, dan 5.019 jalur perpindahan tugas orang tua," ujar Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan Jatim, Mustakim, Kamis (13/6/2024).

Berkas pendaftaran PPDB Jatim 2024 yang telah dimasukkan secara daring oleh CPDB, kata Mustakim, akan diverifikasi langsung oleh sekolah. Tak hanya itu, sekolah masing-masing juga telah menyiapkan tim survei untuk mengecek kebenaran status afirmasi CPDB.

"Kami tidak ada banding. Bekal kita di pengecekan berkas. Untuk afirmasi kita cek bukti keikutsertaan calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dalam hal ini Dinsos, kartu PIP atau kartu PKH. Selain itu juga akan ada survei dari masing-masing sekolah," ujarnya.

Secara detail, untuk jalur afirmasi kategori meliputi keluarga tidak mampu, siswa ADEM (afirmasi sekolah menengah), anak buruh dan penyandang disabilitas terakomodir dalam 15 persen kuota.

Kemudian pindah tugas orang tua termasuk anak guru, disediakan kuota 5 persen. Serta prestasi hasil lomba (baik lomba akademik maupun non akademik, termasuk golden ticket hafidz Al Quran dan ketua OSIS terakomodir 5 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran Tahap 2 Jalur Prestasi Nilai Akademik SMA 18-19 Juni

Hasil pada tahap 1 ini nantinya akan diumumkan pada Jumat (14/6) 2024.

Pada pendaftaran tahap 1 ini, CPDB hanya memilih satu SMA atau SMK saja. Sementara pada tahapan jalur PPDB lainnya, seperti prestasi akademik SMA atau pun zonasi SMA, CPDB dapat memilih paling banyak tiga sekolah, dengan ketentuan paling banyak tiga sekolah di wilayah dalam zonasi, atau paling banyak dua sekolah di wilayah dalam zonasi dan paling banyak satu sekolah di wilayah luar zonasi yang berbatasan.

Sedangkan pada prestasi akademik ataupun zonasi SMK, CPDB dapat memilih paling banyak tiga kompetensi keahlian dalam satu sekolah atau sekolah yang berbeda, di wilayah dalam zonasi atau wilayah luar zonasi.

Setelah pendaftaran PPDB tahap 1 yang dilaksanakan pada 10-11 Juni masih ada pendaftaran tahap 2 jalur Prestasi Nilai Akademik SMA, yang akan dilakukan pada 18-19 Juni 2024. Kemudian tahap 3 jalur Zonasi SMK pendaftaran mulai dilaksanakan 22-23 Juni 2024.

Sedangkan pendaftaran tahap 4 jalur Zonasi SMA akan mulai dilaksanakan pada 27-28 Juni 2024. Terakhir tahap 5 jalur Prestasi Nilai Akademik SMK akan mulai dilaksanakan ada 3-4 Juli 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.