Sukses

Kemenag Kota Madiun Ingatkan Calon Haji Jaga Kesehatan, Tidak Gelar Syukuran Mepet Keberangkatan

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun, Jawa Timur, mengingatkan kepada para Calon Jamaah Haji (CHJ) setempat yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada pertengahan Mei 2024 untuk menjaga kesehatan demi kelancaran saat beribadah di Tanah Suci.

Liputan6.com, Kota Madiun - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun, Jawa Timur, mengingatkan para Calon Jamaah Haji (CHJ) yang akan berangkat menunaikan ibadah haji pada pertengahan Mei 2024, untuk menjaga kesehatan demi kelancaran saat beribadah di Tanah Suci.

"Kami mengimbau kepada seluruh calon haji agar menjaga kesehatan, sebelum berangkat ke Tanah Suci pada 15 Mei mendatang," ujar Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kota Madiun Koirul Kamami di Madiun, Selasa (7/5/2024).

Menurut dia, warga Kota Madiun yang akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini mencapai 212 orang. Para calon haji tersebut telah menjalani sejumlah rangkaian pemeriksaan kesehatan oleh petugas Dinkes setempat dan dinyatakan layak untuk berangkat.

Guna menjaga kesehatan dan kondisi tubuh, pihaknya menyarankan agar para calon haji tidak menggelar tasyakuran pemberangkatan atau walimatussafar mepet dengan jadwal keberangkatan.

"Imbauannya tetap jaga kesehatan, jangan sampai lalai, dan jangan sampai saat pelaksanaan haji ada masalah kesehatan karena terlalu capai banyak acara," katanya. 

Untuk menjaga badan tetap fit dan bugar, para jamaah calon haji Kota Madiun disarankan tetap berolahraga ringan atau minimal berjalan kaki. Selain itu juga mengonsumsi makanan yang sehat, istirahat cukup, dan rajin minum obat bagi penderita penyakit kronis agar kondisinya stabil.

Koirul Kamami menambahkan berbagai persiapan telah dimatangkan Kemenag Madiun jelang keberangkatan calon haji ke Tanah Suci, antara lain telah membekali mereka dengan hal-hal terkait kehajian dan manasik haji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Kali Manasik

Manasik dilakukan sebanyak enam kali dengan rincian empat kali di tingkat kecamatan dan dua kali tingkat kota. Tes kesehatan, pemberian vaksin, hingga pengurusan visa semuanya telah dilakukan.

"Harapannya semua calon jamaah haji sehat dan bisa mengikuti kegiatan ibadah dengan optimal. Sehat baik sebelum berangkat ke Tanah Suci maupun sekembalinya ke Madiun," katanya.

Sesuai jadwal, pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Kota Madiun masuk dalam kloter 17 embarkasi Surabaya. Berangkat tanggal 15 Mei dini hari bersama jamaah dari Kabupaten Madiun, Kota Surabaya, dan Kabupaten Magetan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.