Sukses

Renovasi Situs Budaya Buhai Bapa Laut Bulan, Eddy Raya Berharap Dukungan Pj Bupati dan Gubernur Kalteng

Bupati Kabupaten Barito Selatan 2017-2022 Eddy Raya Samsuri berencana merenovasi kawasan situ budaya patahu Buhai Bapa Laut Bulan di Tumbang Sei Purun, Desa Sei Jaya Barito Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Kabupaten Barito Selatan 2017-2022 Eddy Raya Samsuri berencana merenovasi kawasan situs budaya patahu Buhai Bapa Laut Bulan di Tumbang Sei Purun, Desa Sei Jaya kecamatan Dusun Hilir Barito Selatan.

Dia menyatakan, cerita sejarah masa lampau, di kawasan Muara Sei Purun Bulau terdapat sebuah bangunan mini yakni Balai Karamat Raja yang dibuat untuk tempat petilasan oleh salah satu leluhur suku Dayak Ngaju disebut dengan Patahu bernama Buhai Bapa Laut Bulan.

“Tempat ini juga untuk bahajat atau bernasar, jadi sebagai rasa syukur dan terima kasih dibuatlah bangunan Balai Karamat Raja Buhai Bapalaut Bulan,” ungkap Eddy Raya Samsuri, Senin (6/5/2024).

Ketua DPP Golkar Kabupaten Barito Selatan ini menjelaskan, Patahu pada 1960-an didirikan oleh seorang tokoh adat di Desa Sei Jaya yaitu Damang Simma dan Pelda Roman Tueng yang merupakan seorang Tentara Nasional Indonesia.

“Hal ini juga merupakan salah satu penghormatan kepada nilai-nilai dan norma adat istiadat dan budaya serta kearifan lokal, Suku Dayak Ngaju yang mendiami Desa Sei Jaya,” cerita Eddy.

Eddy juga memaparkan, sebagai bentuk rasa keprihatinan maka tergugahlah hati para generasi muda melihat kondisinya, terlebih sekarang ini sudah lapuk dimakan usia.

Para tokoh pemuda, adat, dan tokoh masyarakat terutama ahli waris yang ada di Desa Sei Jaya, serta dukungan penuh dari Damang Kepala Adat Kec Dusun Hilir Yusep T Aceng, menjalankan tugas dan fungsinya untuk melestarikan, pengembangan nilai-nilai budaya adat istiadat berdasarkan Perda Nomor 16 Tahun 2008 Tentang Kelembagaan Adat di Kalimatan Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Dukungan Sejumlah Pihak

“Kami berencana untuk membentuk tim pelaksana kegiatan ritual pembangunan dan renovasi kawasan situs budaya balai karamat raja patahu Buhai Bapalaut Bulan di Tumbang Sei Purun Bulau, Desa Sei Jaya Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tahun 2024-2025,” terang Eddy.

Eddy berharap dalam rencana kegiatan ini mendapatkan dukungan atau pun bantuan sumber pendanaan dari pihak tokoh Masyarakat, pemerintah daerah maupun lainnya.

“Baik dari Bapak Pj Bupati Kabupaten Barito Selatan, Bapak Gubernur Kalimantan Tengah dan juga para donatur simpatisan perusahan serta para Ormas yang bersedia membantu jalannya rencana kegiatan ini,” pungkas Eddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.