Sukses

Bansos, Makan Gratis dan Stunting Menjadi Kata yang Paling Sering Dilontarkan Para Capres Pada Debat Terakhir Pilpres 2024

Debat capres-cawapres kelima atau yang terakhir di Jakarta Convention Center (JCC) berakhir pada Minggu 4 Februari 2024. Debat menampilkan tiga calon yang akan bertarung pada 14 Februari 2024, yaitu calon nomor 1 Anies Baswedan, calon nomor 2 Prabowo Subianto dan calon nomor 3 Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres-cawapreskelima atau yang terakhir di Jakarta Convention Center (JCC) berakhir pada Minggu 4 Februari 2024.

Debat menampilkan tiga calon yang akan bertarung pada 14 Februari 2024, yaitu calon nomor 1 Anies Baswedan, calon nomor 2 Prabowo Subianto dan calon nomor 3 Ganjar Pranowo.

Sepanjang jalannya debat, para capres membeberkan visi dan misi dan beradu argumen dengan mengutarakan sejumlah pendapat. Para calon juga kerap mengulang kata, untuk mempertegas argumentasinya. 

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan sering menyebut kata "bantuan sosial" (bansos) dan "perempuan" pada saat debat.

Dikutip dari Antara, Senin (5/2/2024), sepanjang debat Anies menyebut kata "bansos" 10 kali dan "perempuan" sembilan kali.

Kebanyakan kata "bansos" disampaikan Anies pada saat sesi tanya jawab dengan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang membahas soal cara untuk memperbaiki tata kelola distribusi bansos agar tak menimbulkan ketimpangan.

Anies mengatakan seharusnya bansos yang menjadi bantalan ekonomi masyarakat kurang mampu tersebut diberikan secara langsung dan tidak dirapel.

"Kalau penerimanya membutuhkan bulan ini, ya diberi bulan ini. Kalau dibutuhkannya tiga bulan lagi, ya tiga bulan lagi, tidak usah dirapel semuanya," kata Anies.

Sedangkan kata "perempuan" disampaikan Anies saat sesi tanya jawab dengan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto yang membahas cara untuk meningkatkan pemberdayaan dan perlindungan perempuan di Tanah Air.

Dalam sesi tersebut, Anies menyoroti kasus kekerasan terhadap perempuan yang cukup tinggi selama delapan tahun terakhir.

"Catatannya ada 3,2 juta kasus selama delapan tahun terakhir ini. Itu yang tercatat, itu yang terlaporkan," ujar Anies.

Capres dari Koalisi Perubahan itu juga mengatakan negara seharusnya menjamin tiga hal untuk perempuan, antara lain yakni perlindungan, kesetaraan, serta kesejahteraan.

Berikut daftar 10 kata terbanyak yang sering disebutkan oleh Anies Baswedan:

  1. Bantuan sosial (bansos) 10 kali
  2. Perempuan 9 kali
  3. Ketimpangan 7 kali
  4. Pekerja migran 5 kali
  5. Disabilitas 4 kali
  6. Miskin 4 kali
  7. Pendidikan tinggi 3 kali
  8. Preventif 3 kali
  9. Uang Kuliah Tunggal (UKT) 3 kali
  10. Budayawan 2 kali

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Kerap Ucapkan Makan Gratis

"Makan gratis" menjadi kata yang paling sering disebut oleh calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto dalam debat Pilpres 2024 yang kelima. Dia menyebutkan kata “makan gratis” sebanyak delapan kali.

Selain kata makan gratis, “internet gratis” juga disebutkan sebanyak delapan kali oleh Prabowo.

Makan gratis dan internet gratis paling sering disebut Prabowo saat menanggapi calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo yang menyinggung ucapan Prabowo di Pontianak pada 20 Januari 2024. Dalam kesempatan tersebut, ujar Ganjar melanjutkan, Prabowo mengatakan bahwa orang yang menginginkan internet gratis biasanya tidak memiliki kecakapan berpikir.

Prabowo lantas meluruskan bahwa ia tidak bermaksud menyebut internet gratis tidak bernilai penting. Prabowo menduga Ganjar tidak mendapatkan informasi yang lengkap terkait dengan ucapannya di Pontianak itu. Prabowo menjelaskan pada saat itu ia sedang menekankan bahwa makan gratis lebih bernilai penting daripada internet gratis.

“Jangan internet gratis lebih dipentingkan dari makan gratis. Makan ini mutlak untuk rakyat kita,” kata dia.

Prabowo juga menyampaikan pemberian makan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan bernilai strategis dalam mengatasi beragam masalah, seperti kesehatan. Ia mengatakan pemberian makan gratis yang bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga masyarakat akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Berikutnya, kata di urutan ketiga yang paling sering disebut oleh Prabowo adalah “perempuan”. Prabowo tercatat menyebutkan kata itu sebanyak tujuh kali. Kata perempuan paling sering disebut oleh Prabowo saat menanggapi pertanyaan Anies Baswedan mengenai cara yang akan ditempuh oleh capres nomor urut dua itu dalam meningkatkan pemberdayaan dan perlindungan perempuan di Tanah Air.

Pada kesempatan tersebut, Prabowo menekankan komitmennya dalam melindungi perempuan dan memastikan terwujudnya kesetaraan gender di Tanah Air, terutama terkait dengan kesempatan mengenyam pendidikan dan pelayanan kesehatan. Prabowo juga berjanji akan meningkatkan keterwakilan perempuan di bidang politik apabila ia memenangi Pilpres 2024.

Berikut ini daftar 10 kata terbanyak yang sering disebutkan oleh Prabowo Subianto:

  1. Makan gratis 8 kali
  2. Internet gratis 8 kali
  3. Perempuan 7 kali
  4. STEM 6 kali
  5. Makanan bergizi 5 kali
  6. Stunting 5 kali
  7. Fakultas Kedokteran 3 kali
  8. Beasiswa 3 kali
  9. Disabilitas 3 kali
  10. Kemiskinan 3 kali

 

 

3 dari 3 halaman

Ganjar Banyak Sebut Bansos hingga Stunting

Sementara capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo banyak menyebutkan soal bantuan sosial (bansos), gizi, hingga kekerdilan pada anak atau stunting.

Sepanjang debat terakhir capres-cawapres tersebut, Ganjar mengucapkan kata "bansos", "gizi", dan "stunting" masing-masing sebanyak enam kali.

Bansos menjadi kata yang paling banyak Ganjar singgung pada segmen di mana dia dan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saling memberikan pertanyaan dan tanggapan satu sama lain. Mereka berdua menyinggung mengenai berita tentang banyaknya bansos yang dibagikan saat kampanye Pemilu 2024.

Menurut Ganjar, bansos adalah hak rakyat, sehingga pemerintah memiliki tugas untuk dapat memastikan pemberian bantuan dilakukan secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Dia juga mengatakan bahwa tata kelola distribusi bansos memerlukan perbaikan agar tidak terjadi saling klaim, dapat tepat sasaran, dan tidak menimbulkan kecemburuan di tengah masyarakat.

Sementara itu, dua kata lain yang masing-masing disebutkan Ganjar selama debat sebanyak enam kali adalah "gizi" dan "stunting". Dua kata itu sering disinggung saat Ganjar dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saling tanya jawab.

Ganjar menyatakan tidak setuju dengan program makan gratis yang diusung Prabowo sebagai upaya untuk mengatasi stunting, kemiskinan ekstrem, serta angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

Berikut 10 besar kata dan subtema yang paling banyak disebut Ganjar di debat kelima:

  1. Bansos 6
  2. Gizi 6
  3. Stunting 6
  4. Data 5
  5. Guru 5
  6. Ibu 5
  7. Disabilitas 4
  8. Inklusi 4
  9. Internet gratis 4
  10. Perempuan 4

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.