Sukses

Wisatawan Jakarta Meninggal di Kawah Ijen Banyuwangi Karena Kelelahan, Begini Kronologinya

Wisatawan asal Jakarta yang diketahui bernisial BJ (64) meninggal dunia di Kawah Gunung Ijen, saat berwisata bersama keluarganya pada Sabtu (30/12/2023).

Liputan6.com, Banyuwangi - Wisatawan asal Jakarta yang diketahui bernisial BJ (64)  meninggal dunia di  Kawah Gunung Ijen, saat berwisata bersama keluarganya pada Sabtu (30/12/2023).

Korban diketahui berwisata ke Kawah Ijen pukul 02.00 dinihari dengan menyewa troli bersama istrinya. Namun, sesampainya di pos 3  Budi merasa kelelahan.

“Pukul 05.00 Wib Almarhum Pak BJ dan trolinya sampai di pos pemeriksaan tiket yang merupakan batas akhir troli membawa pengunjung,”ujar Kasi V Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur Dwi Sugiharto.

Kata dia, pemilih troli kemudian izin mengantarkan korban keluar TWA Kawah Ijen menuju warung dan dizinkan oleh petugas jaga TWA Kawah Ijen.

Sampai ke warung korban diketahui  sempat beraktivitas ringan, namun menurut keterangan saksi, korban terlihat lemas, sehingga kemudian  saksi melaporkan ke petugas TWA Kawah Ijen.

“Petugas TWA Kawah Ijen lalu menunju warung tempat almarhum Pak BJ istirahat serta melakukan rescue untuk membantu almarhum dengan oksigen yang tersedia di TWA Kawah Ijen,” kata Dwi.

Akan tetapi karena BJ Pingsan korban kemudian dilarikan ke Puskesmas Licin bersama keluarganya dengan kawalan petugas TWA Kawah Ijen.

“Sekitar pukul 08.30 Wib  almarhum pak BJ dinyatakan meninggal dunia oleh petugas Puskesmas Licin. Keluarga yang bersangkutan meminta pemeriksaan lagi ke Rumah Sakit Yasmin. Jenazah  langsung dibawa dari Puskesmas Licin ke Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi,” paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akibat Kelelahan

Kemudian, pada pukul 10 pagi Kepala SKW V bersama 3 petugas TWA Kawah Ijen mengunjungi RS Yasmin untuk bertemu dengan keluarga. Namun disampaikan oleh pihak Rumah Sakit Yasmin bahwa jenazah bersama keluarga telah dibawa pulang.

Petugas yang terus mencari informasi korban akhirnya mengetahui keberdaan korban beserta keluarga yang diketahui berasa di wilayah kota, tempat tinggal kerabat almarhum.

“Informasi dari keluarga  almarhum pak BJ, jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Banyuwangi,” tuturnya.

Dwi menambahkan, korban meninggal dunia akibat kelelahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.