Sukses

Harga Gula, Beras, Cabai Rawit dan Minyak Goreng di Banyuwangi Naik Menjelang Natal dan Tahun Baru

Menurut Kepala Dinas Keporasi, UKM, dan Perdagangan Banyuwangi Nanin Oktavianti, barang kebutuhan pokok yang terpantau harganya naik adalah gula, beras, cabai Rawit dan minyak goreng kemasan.

Liputan6.com, Banyuwangi -  Sejumlah kebutuhan pokok di Banyuwangi naik menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024.

Menurut Kepala Dinas Keporasi, UKM, dan Perdagangan Banyuwangi Nanin Oktavianti, barang kebutuhan pokok yang terpantau harganya naik adalah gula, beras, cabai Rawit dan minyak goreng kemasan.

Saat ini harga cabai rawit terpantau di harga Rp 60 ribu hingga Rp70 ribu per kilogramnya, dari sebelumnya di harga Rp50 ribu.

Sedangkan harga gula berada di kisaran Rp 13 ribu per kilogramnya dari sebelumnya Rp9.000.

Untuk harga beras bertahan dikisaran Rp14 ribu per kilogramnya, sedangkan minyak goreng kemasan di harga Rp15 ribu per liternya.

Kata Nanin, untuk mengatisipasi naiknya kembali harga kebutuhan pokok menjelang Nataru ini, pihaknya bekerja sama dengan Bulog setempat, mulai melakukan operasi pasar di sejumlah tempat. Nanin berharap dengan adanya operasi pasar ini, harga kebutuhan pokok bisa terkendali pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru nanti.

“Untuk sejumlah kebutuhan pokok yang kami jual di dalam operasi pasar itu, diantaranya, gula pasir, minyak goreng kemasan, dan beras. Ini mudah- mudahan bisa menekan gejolak kenaikan harga dipasaran,” ujarnya.

Nanin menjamin, untuk stok sejumlah kebutuhan pokok di Banyuwangi, juga terpantau aman dan mencukupi untuk kebutuhan  peryaan Natal dan Tahun Baru. Kata dia, untuk ketersedian minyak goreng kemasan hingga saat ini mencpai 500 ribu liter

“Untuk ketersedian beras, minyak dan gula, Insyaallah aman hingga Hari Raya Idul Fitri nanti. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Yang menjadi Pekerjaan rumah kita saat ini bagaimana menurunkan gejolak harga sejumlah kebutuhan pokok ini,” tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Beras Banyuwangi Capai 61 Ribu Ton

Kepala Bulog Banyuwangi Harisun menambahkan, untuk stok beras yang tersedia masih mencukupi hingga beberapa bulan ke depan. Untuk stok beras di gudang Bulog Banyuwangi mencapai 61 ribu ton.

“Itu setara untuk kecupuan 4 bulan ke depan. Jadi untuk kebutuhan Hari Raya Natal dan Tahun baru 2024 sanat mencukupi, jadi tidak perlu khwatir,” tambahnya.

Sehingga Kata, Harisun, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak khawatir untuk stok beras mencukupi.

“Jangan khwatir untuk stok beras di Banyuwangi aman,”tegasnya

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.