Sukses

Dinsos Banyuwangi Coret 8.900 Nama dari Daftar Penerima Bansos, Begini Alasannya

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( Dinsos PPKB) Banyuwangi, Jawa Timur, mencoret 8973 nama dari daftar penerima Bansos di daerahnya

Liputan6.com, Banyuwangi - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga  Berencana (Dinsos PPKB) Banyuwangi mencoret 8.973 nama dari daftar penerima bantuan sosial di daerah tersebut.

Kepala Dinas Sosial dan PPKB Banyuwangi Henik Setyorini menyatakan, jumlah tersebut meliputi daftar penerima bansos di empat katagori, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Iuran (PBI) Kesehatan, dan Non Bansos  periode Januari hingga September 2033.

“Data ini merupakan data periode Januari hingga September 2023 ini, karena kita setiap bulannya selalu meng-update data penerima bansos,”ujar Henik, Rabu (4/10/2023).

Kata Heni, ribuan nama tersebut dikeluarkan karena mereka pindah domisili, meninggal dunia dan tidak layak menerima bansos.

"Kita usulkan setiap bulan kita update, jadi untuk pengurangan kita memang tidak terasa karena kita selalu update yang tidak layak ditindak. Saya minta operator desa untuk selalu mengusulkan setiap bulanya, jadi biar tetap masuk ke antreannya Kemensos,” tutur Henik.

Hanik Setyorini menambahkan, pihaknya melalui operator desa menyeleksi nama calon penerima bansos, sehingga yang tidak layak menerima akan dieleminasi.

Sedangkan masyarakat yang membutuhkan akan diusulkan  sebagai calon penerima pada setiap bulannya.

“Jadi tambal sulam, yang memang tidak layak harus dikeluarkan dan layak diusulkan harus dimusyawarakan dibuat berita acara terus diusulkan ke Kemensos," papar Henik.

Operator desa juga diminta untuk update setiap bulan karena Dinsos PPKB juga melakukan pembaruan data melalui aplikasi sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generatiaon (SIKS-NG) milik Kemensos.

“Nama-nama yang disusulkan dapat masuk dalam daftar antrean Kemrnsos RI mengantikan nama- nama yang dikeluarkan,”katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerima Paling Banyak di Kecamatan Kabat dan Muncar

Henik mengurai jumlah nama yang dikeluarkan dari daftar penerima bansos, yaitu pada Januari sebanyak 461 orang dan Maret terdapat 1085 nama yang dicoret. Kemudian pada Mei sebanyak 3.250 orang, Juni sebanyak 1.970, dilanjutkan 1.163 orang pada Juli.

Sementara Agustus dan September masing- masing 427 dan 617 nama. Sementara itu, terdapat sekitar 122 ribu  keluarga penerima Manfaat (KPM) di Banyuwangi yang menerima bansos setiap bulanya. Dengan penerima paling banyak tercatat di Kecamatan Kabat dan Kecamatan Muncar.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.