Sukses

Status Gunung Ijen Turun ke Level Normal, Pengunjung Tetap Diimbau Waspada

Status Gunung Ijen yang berada di Perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, turun dari level II waspada ke level I normal.

Liputan6.com, Banyuwangi - Status Gunung Ijen yang berada di Perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, turun dari level II waspada ke level I normal.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api ( PPGA) Ijen Banyuwangi Suparjan mengatakan, penurunan status tersebut berdasarkan hasil evaluas hingga 31 Juli, yang menunjukan suhu air danau Kawah Ijen menurun. 

"Bualan gas di danau juga tidak nampak, warna air danau hijau muda,  dan volume air danau cendrung berkurang ini yang menjadi pertimbangan status Gunung Ijen Turun menjadi Normal,"ujar Suparjan, Sabtu (5/8/2023)

Sementara itu, untuk pengamatan kegempaan vulkanik umumnya fluktuatif. Meski demikian ada penurunan pada gempa- gempa permukaan, terutama gempa volulkanik dangkal.

"Pada periode 1 Januari hingga 31 Juli 2023, terekam 2749 kali gempa hembusan, 4 kali gempa Tremor non harmonik, 7 kali gempa tornillo, 14 kali gempa low frekuensi, 1250 kali gempa vulkanik dangkal, 62 kali gempa vulkanik dalam, 60 kali gempa tektonik lokal, 5 KAI gempa terasa skala II hingga IV MMI," tambahmya

Meski status Gunung Ijen Turun dari waspada menjadi normal, namun masih tetap ada potensi bahaya yang ditimbulkan. Yaitu gas- gas vulkanik yang konsentrasi tinggi di sekitar kawah yang berada dari  aktivitas Solfatara di dinding Kawah Ijen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung Tetap Diminta Waspada

"Untuk itu hal ini harus tetap diperhatikan,  sehingga para pengunjung harus waspada meski kondisi normal," paparnya.

Pengunjung juga diminta untuk tidak beraktivitas dari jarak 1 kilometer dari puncak kawah Gunung Ijen. 

" Jarak 1 kilometer harus steril dari aktivitas manusia, karena sangat berbahaya," tegasmya

Gunung Ijen naik statusnya sejak tanggal 7 Januari 2023 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.