Sukses

Bosan Main di Kuta dan Canggu? Cobain 5 Kegiatan Seru di Bali Barat

Bali masih jadi salah satu destinasi traveling terfavorit di tanah air. Panorama alamnya yang indah memang selalu sukses memberikan efek healing dari penatnya kesibukan ala masyarakat urban masa kini.

Liputan6.com, Jakarta - Bali masih jadi salah satu destinasi traveling terfavorit di tanah air. Panorama alamnya yang indah memang selalu sukses memberikan efek healing dari penatnya kesibukan ala masyarakat urban masa kini.

Namun, kalau sudah mulai bosan main di Kuta dan berbagai kawasan mainstream lainnya, sekarang nggak ada salahnya buat melipir sejenak ke Bali Barat. Wilayah Bali yang paling dekat dengan Pulau Jawa ini memiliki pesona tersembunyi yang nggak kalah dengan kawasan Bali lain.

Ada 5 kegiatan seru yang bisa mengisi liburan di Bali Barat, yuk cobain satu per satu!

1. Diving

Wilayah Bali Barat bisa dibilang sebagai salah satu surga diving yang sudah diakui mancanegara, lho. Spot yang paling populer adalah Pulau Menjangan yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Lokasi yang satu ini dijuluki sebagai surga bawah laut karena memiliki daya tarik berupa wall diving yang merupakan tebing bawah laut. 

Di kedalaman 20-60 meter, kamu bisa menemukan berbagai jenis terumbu karang dan ribuan jenis ikan yang menciptakan pemandangan bawah laut yang memesona. Selain menawarkan kehidupan bawah laut yang spektakuler, spot diving ini juga dikenal dengan arusnya yang lemah sehingga menjadi primadona para wisatawan. 

2. Snorkeling

Kalau mau mengintip kehidupan bawah laut, tapi belum se-pro itu buat diving, snorkeling di Bali Barat juga nggak kalah seru. Keindahan lautnya nggak perlu diragukan lagi meskipun hanya dinikmati di kedalaman 1-3 meter saja. Jika ingin menjajal snorkeling di Pulau Menjangan, sewa perahu terlebih dulu.

Nantinya kamu bisa berkeliling ke berbagai spot menarik seperti Sandy Slope, Coral Garden, Cave Point, Mangrove Point, dan berbagai pos lainnya yang memberikan pengalaman istimewa.

3. Bird Watching

Selain pantai, daya tarik memikat lainnya dari Bali Barat adalah sabana dan hutan yang masih sangat alami yang bisa dinikmati di Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Memiliki ekosistem yang unik, yaitu peralihan antara kawasan beriklim basah dan kering, berbagai jenis flora dan fauna bisa ditemukan di sini. Salah satunya adalah spesies burung yang beragam. 

TNBB sendiri adalah rumah buat lebih dari 160 spesies burung iklim tropis, baik itu berupa spesies endemik maupun migrasi. Salah satu spesies khasnya adalah Jalak Bali yang kini mulai terancam punah.  Bisa kebayang dong, menikmati pemandangan ratusan burung cantik lengkap dengan suaranya yang indah pasti memberikan efek healing yang maksimal. 

4. Glamping

Sebagai salah satu kawasan wisata yang belum terlalu dipadati turis, glamping di Bali Barat menawarkan pengalaman yang dramatis. Gimana nggak, menikmati liburan di kawasan yang tenang tanpa meninggalkan kenyamanan tentunya bisa jadi momen short escape yang begitu menyenangkan. 

Asyiknya lagi, kamu bisa merasakan sensasi berkemah di pinggir pantai dengan berbagai fasilitas penuh kenyamanan. Nggak perlu lagi menyalakan api unggun sendiri, karena semuanya sudah disediakan. Cocok banget kan buat jadi ide video Reels maupun TikTok yang estetik!

5. Treking ke Air Terjun

Butuh kegiatan yang menantang selama liburan di Bali Barat?

Trekking dan menjelajah air terjun tersembunyi yang ada di kawasan tersebut bisa jadi wisata pilihan yang tepat. Salah satu yang direkomendasikan adalah air terjun yang berada di antara tebing dan bebatuan di Desa Musi, Gerokgak.

Tempatnya memang tersembunyi, sehingga bertanya dengan warga lokal yang ada di sekitar adalah panduan yang pas untuk menemukan spot yang kamu cari. 

Selain di Desa Musi, ada lagi spot air terju rahasia lainnya yang wajib diulik. Jangan lupa mampir ke air terjun dan laguna di Batu Belah, Dewasana. Biarpun jalurnya sulit dan tersembunyi, tapi dijamin keindahan pemandangannya bisa langsung menghilangkan rasa lelahmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penginapan Terbaik

Gimana, sudah siap merasakan petualangan seru di Bali Barat yang anti mainstream?

Saatnya rencanakan liburanmu dengan bikin list kegiatan dan tempat apa saja yang ingin dikunjungi. Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih penginapan terbaik yang bisa menjadi tempat istirahat menyenangkan setelah seharian bermain di alam bebas.

Tuke Menjangan bisa jadi pilihan. Terletak di Banyuwedang, Buleleng, yang tenang dan sepi, Toke Menjangan menawarkan akomodasi yang nyaman dengan layanan tata graha gratis setiap harinya. Lokasinya juga strategis, karena hanya butuh 10 menit berkendara dari Tuke Menjangan menuju Pantai Pakmasta yang indah dan 45 menit naik perahu ke Pulau Menjangan.

Sementara itu, lokasinya dari Bandara Internasional Denpasar Bali hanya memakan waktu 4 jam dengan mobil. Semua kamar di Toke Menjangan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang nyaman, seperti AC, kamar mandi dengan shower, perlengkapan mandi gratis, dan handuk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.