Sukses

Cak Thoriq Minta 796 Jemaah Calon Haji Asal Lumajang Saling Bantu saat di Tanah Suci

Liputan6.com, Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq berpesan kepada seluruh calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Lumajang nantinya harus mengerti dan memahami, serta saling membantu antar jamaah satu kloternya, agar saat melaksanakan ibadah haji bisa berjalan lancar tanpa ada kendala.

"Jemaah yang lebih muda, agar membantu dan mengingatkan jemaah yang lebih tua, agar ibadanya bisa sama-sama lancar," ungkap dia saat memberikan arahan dalam acara Pelepasan Calon Jemaah Haji Kabupaten Lumajang Kloter 48 dan 49, Musim Haji 1444 H/2023 M, Selasa (30/5/2023)

Cak Thoriq sapaan akrabnya juga mengungkapkan, bahwa dirinya merasa bersyukur karena jemaah haji dari Lumajang tahun ini lebih banyak dari pada tahun-tahun sebelumnya saat COVID-19 melanda.

"Alhamdulillah, ini rasa syukur saya dengan Bunda Indah, karena jemaah dari Kabupaten Lumajang tahun ini bisa maksimal dan memenuhi kuota," terangnya.

Senada dengan hal itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati juga menyampaikan, bahwa selain ibadah sepiritual, melaksakanan Haji juga termasuk ibadah fisik, karena terdapat beberapa rukun haji yang harus dilalsakan oleh jemaah.

Oleh sebab itu, dirinya mengingatkan kepada seluruh calon jemaah haji selalu menjaga kesehatan mulai akan pemberangkatan sampai kepulangan haji nantinya.

"Mengingatkan kepada bapak ibu harus menjaga ketahanan fisiknya, dan terus patuhi yang telah disampaikan tenaga kesehatan yang akan mendampingi anda semua," ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Muhammad Muslim menjelaskan, bahwa ditahun 2023 ini Kabupaten Lumajang akan memberangkatkan 796 Calon Jemaah Haji yang terbagi 2 kloter yakni kloter 48 dan kloter 49, yang akan diberangkatkan tanggal 10 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jamah Haji Diharapkan Patuhi Peraturan

"Calon Jemaah Haji Lumajang jumlahnya sebanyak 790 jamaah, sedangkan petugas haji daerah terdapat 4 orang, pembimbing ibadah haji 2 orang, jadi seluruhnya ada 796 jamaah," jelasnya.

Muslim berharap kepada seluruh calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan serta mematuhi peraturan yang ada, agar perjalan serta saat melaksanakan ibadahnya bisa berjalan lancar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.