Sukses

Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak 2022, Angka Nikah Dini di Tuban Sangat Tinggi

Pemkab Tuban menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) peringkat Madya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 2022.

Liputan6.com, Tuban - Pemkab Tuban menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) peringkat Madya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 2022.

Di balik prestasi itu, ternyata Pengadilan Agama (PA) Tuban mencatat perkawinan anak di wilayah hukum setempat sangat tinggi. Bahkan menjadi urutan ke-10 di Jawa Timur sebagai kabupaten paling banyak terjadi pernikahan dininya, Jumat (26/5/2023).

Hal tersebut terlihat dari data PA Tuban mencatat selama setahun untuk perwakilan anak tembus di angka 564 kasus pada 2021. Angka tersebut menurun menjadi 516 kasus di 2022 kemarin, namun masih menjadikan Tuban sebagai kabupaten yang terbilang tinggi dalam perkara pernikahan dini.

Untuk menekan itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban Ahmad Munir bersama pemerintah setempat telah meluncurkan program Tuban Bangga. Program tersebut dibuat karena melihat banyaknya angka perceraian, pernikahan dini, hamil diluar nikah dan stunting yang ada di Kabupaten Tuban.

“Keluarga adalah miniatur negara. Jika keluarga baik, maka negara akan baik,” tambah Ahmad Munir.

Ia menjelaskan program ini bersifat berkelanjutan dan lintas sektoral. Sehingga tak hanya Kemenag dan Pemkab saja, namun seluruh elemen masyarakat harus ikut menyukseskan program ini.

“Diharapkan Tuban Bangga dapat menekan angka perceraian, pernikahan dini, hamil sebelum nikah, juga stunting di Kabupaten Tuban,” tegasnya.

Munir panggilan akrabnya memiliki keyakinan program ini akan bisa menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, baik dari pendidikan, kesehatan, dan sosial yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Imbasnya, nantinya akan membentuk pondasi keluarga yang kuat di tengah-tengah masyarakat.

“Semua itu dimulai dari pembentukan pondasi keluarga yang kuat, sebab keluarga adalah miniatur negara, jika keluarganya baik maka negara akan baik,” terang Munir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sukseskan Tuban Bangga

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengajak seluruh jajaran yang tergabung dalam program tersebut untuk bersungguh-sungguh dalam mensukseskan program Tuban Bangga.

“Saya minta semuanya yang ada disini berjanji untuk mendukung dan mensukseskan program unggulan ini. Mari berkomitmen dan bertanggungjawab terhadap jabatan yang kita miliki, ” terangnya.

Lebih lanjut, Bupati Tuban juga menyoroti perihal tingginya angka perceraian, pernikahan dini, hamil sebelum nikah, dan stunting yang menjadi salah satu sebab dari kurangnya pengetahuan masyarakat tentang membangun keluarga yang berkualitas.

“Jika program Tuban Bangga bisa berjalan dengan baik, maka akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) Tuban yang berkualitas. Semoga menjadi terobosan yang bisa menyelesaikan masalah yang ada di bawah,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.