Sukses

Bandara Juanda Siap Layani 36 Ribu Jemaah Calon Haji, Kloter Pertama Terbang Besok

General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengungkapkan, pihaknya memastikan kesiapan untuk melayani penerbangan langsung atau direct flight jemaah haji tahun 2023.

Liputan6.com, Surabaya - General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengungkapkan, pihaknya memastikan kesiapan untuk melayani penerbangan langsung atau direct flight jemaah haji 2023.

"Pelaksanaan angkutan haji tahun 2023 akan dimulai dengan periode embarkasi pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023, serta periode debarkasi dimulai pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023," ujarnya, Selasa (23/5/2023).

Sisyani menjelaskan bahwa pekerjaan perkerasan landasan atau overlay yang sudah terlaksana sejak pertengahan tahun lalu telah selesai sesuai skala prioritas yang ditetapkan untuk pelayanan angkutan haji.

“Secara kontrak, seluruh paket pekerjaan akan selesai pada pertengahan Juni ini, namun saat ini untuk pekerjaan utama yang menjadi prioritas pelayanan angkutan haji sudah rampung semuanya," ucapnya.

"Dan landas pacu siap digunakan melayani pesawat penerbangan haji berbadan lebar yakni Boeing 747 seri 400 berkapasitas 450 kursi penumpang yang akan dioperasikan oleh Saudi Arabia Airlines,” imbuh Sisyani.

Dalam Angkutan Udara Jamaah Haji 2023, Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya rencananya akan memberangkatkan sebanyak 36.938 calon jamaah Haji yang berasal dari Jawa Timur.

"Bali, dan Nusa Tenggara Timur (NTT), yang tergabung dalam 84 kelompok terbang (kloter). Jumlah kloter tahun ini meningkat jika dibandingkan dengan jumlah kloter yang diberangkatkan tahun lalu yakni sejumlah 38 kloter," ujarnya.

Adapun kloter pertama rencananya akan diberangkatkan pada Rabu (24/5) pukul 09.15 WIB. Jelang pemberangkatan kloter pertama tersebut, Bandara Juanda memastikan kesiapan fasilitas bandara, terutama infrastruktur landas pacu atau runway untuk melayani penerbangan langsung atau direct flight angkutan haji tahun 2023.

Sisyani menambahkan bahwa pekerjaan perkerasan landasan juga telah ditinjau oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi pada April lalu serta telah diverifikasi oleh Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan RI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Penerbangan di Hari Pertama

Pada hari pertama embarkasi atau Rabu (24/5), dijadwalkan terdapat tiga penerbangan keberangkatan menuju Madinah, dengan rincian kloter pertama yang mengangkut calon jamaah Haji asal Kabupaten Bangkalan pada pukul 09.15 WIB.

Kloter kedua yang mengangkut calon jamaah Haji dari Kota Madiun, Kabupaten Bangkalan, dan Kota Surabaya pada pukul 11.15 WIB, serta kloter ketiga yang akan memberangkatkan calon jamaah Haji yang berasal dari Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, dan Kota Surabaya pada pukul 13.15 WIB.

“Selama periode embarkasi yang berlangsung 30 hari kami akan melayani dua hingga tiga penerbangan haji per harinya. Kami mohon doa dan dukungan agar pelayanan Angkutan Haji dapat berjalan baik dan lancar,” ujar Sisyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.