Sukses

Salah Setting Google Maps, Pesepeda Motor Asal Sampang Masuk Tol Menuju Gresik

AKP Ega mengungkapkan, pesepeda motor tersebut diketahui bernama M Nasir (38) warga Sampang, Madura. Dia membonceng seorang wanita melaju dari Tandes, Surabaya, hendak menuju Gresik.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Unit Patroli Jalan Raya (PJR) 2 Dirlantas Polda Jatim Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ega Prayudi membenarkan adanya sebuah video viral di Media Sosial (Medsos) pesepeda motor asal Sampang yang masuk ke jalan tol hendak menuju Gresik.

"Peristiwa pengendara motor masuk jalan tol itu terjadi pada Minggu, 21 April 2023, sekitar pukul 17.46 WIB," ujarnya, Selasa (23/5/2023).

AKP Ega mengungkapkan, pesepeda motor tersebut diketahui bernama M Nasir (38) warga Sampang, Madura. Dia membonceng seorang wanita melaju dari Tandes, Surabaya, hendak menuju Gresik.

"Mereka menggunakan aplikasi google maps sebagai penunjuk arah namun masalahnya belum mengubah setting dari mobil ke sepeda motor, makanya mereka masuk ke jalan tol," ucapnya.

AKP Ega mengatakan, pemotor tersebut baru berhenti ketika terjaring petugas Jasa Marga di Romo Kalisari. Setelah memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan, mereka kemudian diarahkan keluar dari jalan tol.

"Mereka mengaku kesasar karena melihat GPS," ujarnya.

Putra komedian Tukul Arwana itu menyebutkan, pengendara motor tersebut juga meminta maaf karena sudah masuk ke jalan tol yang bukan untuk sepeda motor.

"Mereka juga membuat pernyataan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama," ucap AKP Ega.

AKP Ega menegaskan, kejadian pesepeda motor masuk tol karena Google Maps tidak hanya kali itu saja.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan petugas tol agar menghentikan pengendara roda dua saat di pintu masuk tol," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Videonya Viral

Diketahui, sebuah video yang memperlihatkan sejoli menunggangi sepeda motor masuk jalan Tol Kebomas, Gresik, Jawa Timur, viral di media sosial. Usut punya usut, mereka masuk ke jalan tol karena diarahkan Google Maps yang masih tersetting untuk mobil.

Video pemotor yang masuk Tol Kebomas itu di antaranya diunggah oleh akun TikTok, @wakbreng77. Dalam video berdurasi 29 detik itu, pemotor yang berboncengan itu terlihat melaju dengan santai di pinggir jalan tol.

Si wanita yang dibonceng terlihat memegang telepon pintar, seperti mengamati penunjuk arah di Google atau Google Maps. Sontak aksi keduanya memantik pengendara mobil merekam melalui aplikasi video di smartphone.

"Hahahaha... Ya Allah, kok iso masuk jalan tol, cak, sampean," kata pengendara mobil yang merekam kejadian itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.