Sukses

Pendaftaran Caleg Perindo Tulungagung Dikembalikan, Gagal Ikut Pemilu 2024

KPU Tulungagung mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon legislatif Partai Perindo karena dinilai belum memenuhi syarat administratif.

Liputan6.com, Tulungagung - KPU Tulungagung mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon legislatif Partai Perindo karena dinilai belum memenuhi syarat administratif.

"Kami sudah tunggu hingga batas akhir pendaftaran (Minggu, 14/5) pukul 23.59 WIB, namun pihak Perindo belum kunjung melengkapi berkas yang dipersyaratkan," kata Komisioner KPU Tulungagung Divisi Teknis, Muhammad Arif di Tulungagung, Senin 15 Mei 2023, dikutip dari Antara.

Padahal, lanjut dia, tenggat waktu pendaftaran dibuat cukup panjang, yakni mulai 1 Mei hingga 14 Mei 2023. Ada waktu dua pekan bagi setiap parpol peserta pemilu, termasuk Partai Perindo untuk mempersiapkan dan melengkapi berkas pendaftaran.

"Mereka memang datang menyerahkan berkas, namun di situ belum ada nama-nama bacaleg yang mau didaftarkan," katanya.

Arif melanjutkan, dengan dikembalikanya berkas bacaleg dari Partai Perindo, ada 17 dari total 18 parpol peserta Pemilu 2024 yang mendaftarkan bacaleg.

Dengan ditutupnya tahap pendaftaran, lanjut Arif, pihaknya bakal melakukan verifikasi pada berkas bacaleg yang sudah didaftarkan.

Apabila ditemukan kekurangan maka akan diserahkan ke parpol untuk dilakukan perbaikan.

Ketua DPD Partai Perindo Tulungagung Agus Priyanto menjelaskan alasan keterlambatan pendaftaran bacalegnya ke KPU.

Menurutnya, keterlambatan disebabkan adanya pergantian ketua. "Pergantian Ketua DPD Perindo Kabupaten Tulungagung ini masih menunggu SK dari DPP Perindo," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.