Sukses

Wisatawan Asing Tewas di Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Karena Terpeleset

Jenazah korban masih berada di kamar jenazah dan masih menunggu pihak perwakilan kedutaan Malaysia untuk Indonesia, sekaligus dilakukan proses autopsi dan dipulangkan ke negara asal.

Liputan6.com, Lumajang - Wisatawan warga negara asing (WNA) Malaysia, Josephine Tham Sook Min meninggal dunia diduga terpeleset saat turun dari objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu, Desa Sidomulyo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Saat ini aparta kepolisian sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk memastikan penyebab kematian WNA Malaysia berusia 58 tahun tersebut.

"Rekan-rekan dari Reskrim sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait meninggalnya wisatawan asing di Air Terjun Tumpak Sewu. Kejadian itu kini ditangani Polres Lumajang," kata Kapolsek Pronojiwo Iptu Wahono Puji Santoso, dilansir dari Antara, Rabu (10/5/2023).

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Lumajang Adma Teguh Admari mengatakan korban yang berusia 58 tahun tersebut bersama rombongan sebanyak enam orang tiba di kawasan wisata Tumpak Sewu pada Rabu pukul 07.30 WIB.

"Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke air terjun bawah didampingi pemandu wisata, namun di tengah perjalanan korban terpeleset hingga terjatuh sedalam sekitar 15 meter dan kepala bagian belakang terbentur batu," katanya.

Setelah mengetahui kejadian tersebut, rombongan yang dibantu Karang Taruna Pokdarwis Tumpak Sewu langsung melakukan evakuasi korban dari dasar jurang, selanjutnya dilarikan menuju Puskesmas Pronojiwo.

"Saat dibawa ke Puskesmas Pronojiwo, korban dinyatakan telah meninggal dunia oleh dokter puskesmas setempat dan jenazah almarhumah dibawa ke RSUD dr Haryoto Lumajang," ujarnya.

Ia menjelaskan jenazah korban masih berada di kamar jenazah dan masih menunggu pihak perwakilan kedutaan Malaysia untuk Indonesia, sekaligus dilakukan proses autopsi dan dipulangkan ke negara asal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.