Sukses

Jumlah Pemudik Meningkat, Kapal Feri di Pelabuhan Jangkar Situbondo Muat Penumpang Lebihi Kapasitas

Meskipun menambah jumlah penumpang, tapi tidak melebihi kapasitas alat keselamatan pelayaran yang ada, seperti jaket pelampung (life jacket) tersedia 375 di kapal.

Liputan6.com, Situbondo - Kapal feri yang mengangkut para pemudik gratis di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo menuju Pulau Raas, Kabupaten Sumenep diizinkan berangkat dengan jumlah penumpang melebihi kapasitas angkut.

"Pada H-7 Lebaran 2023 memang terjadi lonjakan pemudik yang yang signifikan di Pelabuhan Jangkar, khususnya rute Jangkar-Raas," ujar Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi, Wilayah Kerja Jangkar, Situbondo, Tri Wahyono di Situbondo, dilansir dari Antara, Minggu (16/4/2023).

Menyusul melonjaknya jumlah pemudik asal Pulau Raas, lanjut dia, otoritas penyeberangan Situbondo-Madura menyepakati menambah jumlah penumpang KMP Wicitra Dharma I menjadi 350 penumpang dari sebelumnya 250 orang.

"Jadi, mulai jadwal keberangkatan kapal kedua program mudik gratis kami tambah kuota penumpang dari sebelumnya 250 menjadi 350 orang penumpang, jumlah angkut sepeda motor juga ditambah dari 150 menjadi 200 unit," kata Tri Wahyono.

Dia menegaskan bahwa penambahan jumlah kuota angkutan mudik Lebaran menggunakan kapal feri ini tidak melebihi batas keselamatan pelayaran.

"Meskipun menambah jumlah penumpang, tapi tidak melebihi kapasitas alat keselamatan pelayaran yang ada, seperti jaket pelampung (life jacket) tersedia 375 di kapal," ujar Tri Wahyono.

Pemprov Jatim menjadi fasilitator mudik dan balik gratis warga Pulau Raas, dengan menggunakan KMP Wicitra Dharma I yang diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar.

Pada Sabtu (15/4) malam, jadwal kedua keberangkatan kapal feri mudik gratis mengangkut sebanyak 373 orang penumpang, dan sepeda motor 153 unit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Mudik Gratis

Mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas menggunakan satu unit kapal feri, yakni KMP Wicitra Dharma I sebanyak empat kali trip pelayaran.

Jadwal keberangkatan kapal feri untuk angkutan mudik dan balik gratis, pada 13 April 2023, kapal feri bertolak dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas sekitar pukul 12.00 WIB, sedangkan pada tanggal 15, 17 dan 19 April 2023, kapal motor penyeberangan untuk mudik gratis itu dijadwalkan berangkat pada pukul 22.00 WIB.

Pada arus balik juga empat kali trip pelayaran kapal dari Raas ke Jangkar, yakni pada tanggal 30 April, dan tanggal 2, 4, 6 Mei. Kapal feri berangkat pukul 06.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.