Sukses

Persiapan Bandara Banyuwangi Sambut Pemudik Lebaran Idul Fitri 2023

Otoritas Bandara Banyuwangi, telah siap melayani penumpang dalam angkutan Lebaran 2023.Plt Manager of Operasional, Service, & Maintenance PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Banyuwangi Prananta Sembiring mengatakan, pengecekan seluruh peralatan di bandara rutin dilakukan.

Liputan6.com, Banyuwangi - Plt Manager of Operasional, Service, & Maintenance PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Banyuwangi Prananta Sembiring mengatakan, pihaknya siap melayani penumpang mudik Lebaran 2023.

Selain peralatan, pihaknya juga memastikan fasilitas yang berada di Bandara Internasional Banyuwangi dalam keadaan prima dan siap melayani jasa penerbangan.

"Ini demi menjaga keamanan dan keselamatan semua pihak," kata Prananta, Jumat (14/4/2023).

Dijelaskan Prananta, pengecekan tersebut meliputi sejumlah fasilitas wajib, mulai dari area sisi darat (landside) hingga area sisi udara (airside).

"Pada sisi darat sasarannya area check-in, boarding lounge, serta area pemeriksaan x-ray," ungkap Prananta.

Sedangkan di sisi udara, meliputi pengecekan precision approach path indicator (PAPI), apron hingga runway.

"Sementara untuk kegiatan pengecekan berkala meliputi banyak hal. Salah satunya peralatan, listrik dan elektronika Bandara Banyuwangi. Kemudian Pengecekan Supply Tegangan gedung terminal," ujar Prananta.

PT Angkasa Pura II juga menyiapkan tenaga pembangkit listrik berupa genset cadangan. Genset ini harus dalam kondisi siap pakai saat pelayanan listrik yang di supply PLN mati.

"Selain itu kami juga melakukan perawatan dan pengecekan fungsi kerja generator terkait bahan bakar, oli dan air radiator) serta perawatan Server Flight Information Display System (FIDS)," terang Prananta.

Prananta menambahkan, FIDS merupakan sistem informasi yang ada di Bandara untuk membantu management penumpang baik keberangkatan (departure), transit, atau kedatangan (arrival). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Penambahan Rute Pada Arus Mudik Lebaran 2023

Dinas Perhubungan Banyuwangi memastikan tidak ada penambahan rute maskapai untuk penerbangan dari Banyuwangi maupun tempat tujuan lainnya.

"Sementara belum ada," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Banyuwangi Ali Ruchi.

Penerbangan di Bandara Internasional Banyuwangi, saat ini dilayani oleh dua maskapai, yakni Batik Air dan Citilink. Dengan rute Jakarta-Banyuwangi (pulang-pergi).

Maskapai Batik Air, melayani penerbangan setiap hari dengan kedatangan dari Jakarta pukul 07.50 WIB. Dan terbang kembali dari Banyuwangi menuju Jakarta pukul 08.30 WIB.

Sedangkan maskapai Citilink, beroperasi pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan kedatangan dari Jakarta pukul 10.00 WIB.

Pesawat akan berangkat kembali dari Banyuwangi menuju Jakarta pada pukul 10.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.