Sukses

Situbondo Geber Car Free Night Selama Ramadhan, Fasilitasi UMKM Jualan Takjil

Pemerintah Kabupaten Situbondo, memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khusus usaha kuliner pada momentum bulan puasa Ramadhan 1444 Hijriah karena dinilai mampu meningkatkan perekonomian di "Kota Santri" itu

Liputan6.com, Situbondo - Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, pemerintah daerah memfasilitasi pelaku UMKM untuk menjual produk makanan dan minuman di sepanjang Jalan Irian Jaya yang dikemas dalam Car Free Night selama bulan puasa Ramadhan 1444 Hijriah.

"Alasan kami membuka car free night di Jalan Irian Jaya ini, bercermin dalm pelaksanaan car free day yang digelar tiap Minggu pagi di kawasan alun-alun peningkatan ekonomi cukup bagus. Bahkan, tiap Minggu dari ratusan pelaku UMKM omzetnya mencapai sekitar Rp150 juta," kata Bung Karna, sapaan akrab Bupati Karna Suswandi, Rabu (22/3/2023).

Dengan dibukanya tempat keramaian baru memfasilitasi pelaku usaha kuliner selam bulan Ramadhan, lanjut dia, diharapkan produk makanan dan minuman ataupun kuliner lainnya bisa terus menjaga pertumbuhan ekonomi di Situbondo.

"Kami menginginkan ada pusat keramaian baru sekaligus menjadi pusat ekonomi baru bagi masyarakat Situbondo, khususnya pada momentum bulan Ramadhan," katanya.

Dia menyebutkan, sebanyak 250 pelaku usaha kuliner difasilitasi oleh pemerintah daerah setempat untuk membuka lapak dan menjual produknya di sepanjang Jalan Irian Jaya.

"Kami hanya fasilitasi pelaku usaha kuliner untuk kegiatan car free night, karena toko-toko di Jalan Irian Jaya sudah menyediakan atau menjual baju dan sejenisnya," ujar Bung Karna.

Bupati juga berharap perputaran uang di kawasan car free night itu bisa tembus sama seperti kegiatan car free day yang berlangsung setiap hari Minggu pagi, yakni Rp150 juta.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

250 Pelaku Usaha Kuliner Jualan di Car Free Night

Sementara itu, Koordinator Car Free Night Situbondo Khairdianta Priambada Kusuma mengemukakan ada sekitar 250 pelaku usaha kuliner yang berjualan di sepanjang Jalan Irian Jaya.

Menurut dia, setelah pandemi COVID-19 pelaku UMKM Situbondo terus tumbuh dan berkembang dengan baik dari semula terpuruk, kini bangkit kembali dengan semangat baru yang didukung oleh pemerintah daerah setempat.

"Tentunya bulan puasa Ramadhan menjadi momentum baik bagi pelaku usaha kuliner, karena pedagang membuka lapaknya menjelang buka puasa hingga malam," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.