Sukses

Mudahkan Jemaah Calon Haji Urus Paspor, Imigrasi Surabaya Jemput Bola untuk Foto dan Wawancara

Kepala Kantor Imigrasi Surabaya Chicco A. Muttaqin mengatakan, pihaknya aktif dalam proses pembuatan paspor bagi calon haji di wilayah kerja yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Kantor Imigrasi Surabaya Chicco A. Muttaqin mengatakan, pihaknya aktif dalam proses pembuatan paspor bagi calon haji di wilayah kerja yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto. 

"Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap warga negara untuk mendapatkan paspor dalam rangka ibadah haji," ujarnya, Selasa (14/3/2023), dikutip dari Antara. 

Ia mengatakan, kemudahan yang diberikan yaitu melakukan proses foto dan wawancara kepada 480 calon haji asal Sidoarjo dengan cara jemput bola dengan nama Eazy Passport di Kantor Kemenag Sidoarjo.

"Ini sebagai bentuk kemudahan dalam pengurusan paspor. Jadi pemohon tidak perlu datang lagi ke kantor Imigrasi tapi kami yang datang untuk jemput bola sehingga lebih memudahkan untuk calon jamaah haji," katanya.

Dikatakan, Imigrasi Surabaya sebelumnya melakukan kegiatan foto wawancara dan perekaman biometrik paspor bagi calon haji di wilayah Kota Surabaya dengan jumlah 654 paspor

"Kali ini giliran calon asal Kabupaten Sidoarjo yang akan melakukan proses foto, wawancara, dan perekaman biometrik," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Sidoarjo Moh Arwani mengapresiasi kemudahan layanan yang diberikan Imigrasi Surabaya tersebut. 

"Total sejumlah 480 calon haji dilayani dan dilaksanakan dalam dua hari. Karena Kemenag dan Imigrasi telah lama bekerjasama sejak 2018, kita koordinasikan dengan baik sehingga Imigrasi berkenan melakukan pelayanan jemput bola,” ucapnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sangat Memudahkan Calon Haji

Menurut Arwani layanan ini sangat memudahkan bagi calon haji sehingga lebih mudah dalam hal penyelenggaraan. 

"Jadi menjadi lebih cepat dan tidak berbaur dengan masyarakat lain yang membuat paspor. Kalau yang foto di sini kan khusus calon haji Kabupaten Sidoarjo,” kata dia.

Selanjutnya secara berurutan Imigrasi Surabaya akan melakukan kegiatan pelayanan paspor bagi calon haji di wilayah Kemenag Kabupaten dan Kota Mojokerto. 

Tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua ibadah haji setelah dibuka kembali usai pandemi COVID-19. Pemerintah Arab Saudi secara resmi telah membuka kuota Haji sejak tahun 2022. Selain itu kuota ibadah umroh juga dibuka kembali seluas-luasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.