Sukses

Pelabuhan Jangkar Situbondo Siapkan Sekenario Angkutan Mudik Antisipasi Membeludak

Otoritas Pelabuhan Jangkar Situbondo, mulai mempersiapkan angkutan mudik Lebaran 2023 dengan berbagai sekenario untuk mengantisipasi penumpukan calon pemudik yang akan menyeberang ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura.

Liputan6.com, Situbondo - Otoritas Pelabuhan Jangkar Situbondo, mulai mempersiapkan angkutan mudik Lebaran 2023 dengan berbagai sekenario untuk mengantisipasi penumpukan calon pemudik yang akan menyeberang ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura.

Kordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi Wilayah Kerja Jangkar Situbondo, Tri Wahyono mengatakan bahwa pihaknya menggunakan sekenario menambah trip pelayanan kapal feri menuju Kalianget, Pulau Sepudi, dan Pulau Raas dan Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep.

“Sektar H-15 Lebaran  kami menggunakan sekenario menambah trip pelayanan kapal feri, khususnya rute Jangkar ke Pulau Raas, karena calon pemudik paling banyak tujuan Raas,” ujarnya, Sabtu (11/3/2023).

Jika tidak memungkinkan penambahan trip pelayanan dan masih terjadi penumpukan calon penumpang di Pelabuhan Jangkar tambah dia pihaknya bersama KSOP Kelas IV Panarukan dan Stasiun Pelayanan Pelabuhan Penyebrangan Jangkar pada Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah  XI Provinsi Jawa Timur, termasuk perusahaan pelayanan akan menambah armada kapal feri.

“Tentunya jauh hari sebelumnya kami sudah beroordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi penumpukan calon penumpang yang akan mudik ke kampung halamanya,” paparnya.

Mengenaik kapal Feri yang akan beroperasi pada angkutan  mudik Lebaran tahun ini, Kata Tri Wahyono, ada tiga armada kapal feri yang siap mengangkut calon pemudik, yakni KMP Wicitra Dharma 1 (Satya Kencana), KMP Dharma Kartika dan KMP Muggiyango Hulalo

“Jadi tiga armada kapal feri tersebut siap beroperasi untuk angkutan mudik karena ketiganya baru dilakukan perbaikan atau docking masih pada bulan Juni dan Juli 2023,” paparnya.

Pelabuhan Jangkar Situbondo, merupakan akses penyebrangan bagi warga kepulauan Madura. Karena Moyoritas mereka bekerja di Pulau Bali serta di beberapa daerah lainya di Pulau Jawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.