Sukses

Pipa PDAM Putus, Warga Desa Gili Ketapang Probolinggo Krisis Air Bersih

Sembari menggu selesainya perbaikan pipa tersebut, BPBD mendistribusikan air bersih melalui kapal laut.

Liputan6.com, Probolinggo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo mendistribusikan 5 ribu liter air bersih kepada warga Desa Gili Ketapang, pasca putusnya pipa PDAM yang selama ini mensuplai air bersih bagi ratusan kepala keluarga di Desa Giliketapang.

“Distribusi air bersih itu untuk membantu kebutuhan masyarakat di Desa Gili Ketapang memenuhi kebutuhan hidup sehari- hari,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Probolinggo Rahmat Waluyo, Senin (2/1/2023).

BPBD Probolinggo juga memberikan bantuan berupa 10 buah jerigen dan 4 buah tandon air ke Desa Gilli Ketapang melalui kapal laut sebagai dukungan air bersih bagi masyarakat yang terdampak gelombang ekstrem yang melanda Desa Gili Ketapang pekan lalu.

“Saat ini masyarkat Desa Gili Ketapang kekurangan pasokan air bersih setelah pipa PDAM Kabupaten Probolinggo yang berada di tengah laut terputus,” tambahnya.

Sembari menggu selesainya perbaikan pipa tersebut, BPBD mendistribusikan air bersih melalui kapal laut, sehingga air berish itu bisa meningkatkan beban hidup masyarakat di Desa Gili Ketapang yang sedang kekurangan air bersih.

Kata Waluyo, berdasarkan prekiraan dari BMKG Juanda menyebutkan bahwa dalam sepekan ke depan masih berpotensi terjadi cuaca ektsrem seperti hujan deras disertai angin dan petir serta gelombang ekstrem.

“Untuk itu masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaan dan berhati- hati serta memantau informasi dari pihak BMKG terkait tentang cuaca, tinggi gelombang, perinagatan dini dan kondisi  lainya,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDAM Distribusikan Air di Dermaga Pelabuhan

PDAM Probolinggo juga mendistribusikan air bersih setiap harinya menggunakan truk tangki 5.000 liter di dermaga Kota Probolinggo.

Kepala Unit Gili Ketapang PDAM Kabupaten Proboinggo Syah Reza Azka Libis mengatakan, pengiriman air bersih bagi masyarakat Desa Gili Ketapang ini dilakukan oleh PDAM Kabupaten Probolinggo mulai 26 Desember 2022 hingga perbaikan pipa di dasar laut selesai dilakukan.

“PDAM sudah menyediakan air bersih bagi masyarakat desa Gili Ketapang, namun karena keterbatasan armada, PDAM hanya bisa mengantarkan air bersih sampai di dermaga kota Probolinggo,”tambahnya.

PDAM  sudah melakukan kordinasi dengan kepada desa setempat untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa PDAM menyediakan air bersih di dermaga kota Proboinggo

“Kami kordinasi dengan kepala desa, sehingga kepala desa meneruskan informasi distribusi air bersih ke warganya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.