Sukses

Ratusan Pengelola Wisata Kumpul Jambore di Pantai Merah Banyuwangi, Sambut Nataru 2023

Banyuwangi, imbuh Sugirah, banyak melibatkan pokdarawis dalam pengelolaan pariwisata. Sejumlah lokasi wisata dikelola langsung oleh warga setempat yang tergabung dalam pokdarwis.

Liputan6.com, Banyuwangi - Ratusan anggota kelompok sadar wisata (pokdarwis)  dari Banyuwangi, Jember dan Situbondo, menggelar jambore untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata di pantai Pulau Merah Banyuwangi. Terlebih menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023 sebentar lagi.

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah yang hadir pada acara tersebut meminta Pokdarwis mempersiapkan diri menghadapi liburan akhir tahun dalam waktu dekat ini. Mulai dari masalah kebersihan, pengaturan jam operasional, hingga pengaturan pengunjung.

“Saya berharap pokdarwis evaluasi kekurangan apa-apa yang kekurangan tahun lalu. Ambil langkah apa yang harus dilakukan untuk menyambut para wisatawan, baik asing maupun domestik agara mereka betah dan happy selama di Banyuwangi,” ujar Sugirah, Sabtu (17/12/2022).

Banyuwangi, imbuh Sugirah, banyak melibatkan pokdarawis dalam pengelolaan pariwisata. Sejumlah lokasi wisata dikelola langsung oleh warga setempat yang tergabung dalam pokdarwis.

“Untuk itulah, pokdarwis adalah salah satu pelaku utama yang menentukan citra positif bagi pariwisata di Banyuwangi. Mari kita bersama-sama memberikan layanan yang sangat baik kepada wisatawan agar mereka memiliki kesan yang baik selama di sini," katanya.

Kepuasan wisatawan, kata dia, akan mendatangkan turis yang lebih banyak, yang ujungnya nanti juga akan berdampak ekonomi pada pokdarwis dan warga.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Mohammad Yanuar Bramuda menambahkan, sektor pariwisata memiliki peranan penting dalam upaya pemulihan ekonomi di Banyuwangi. Untuk itu, pemkab getol mengajak berbagai pihak untuk sama-sama kembali menggerakkan sektor pariwisata, termasuk pokdarwis. 

“Terima kasih kepada pokdarwis yang turut berperan besar memajukan pariwisata daerah. Harapan kami, kegiatan ini akan menghasilkan visi bersama bagaimana pengelolaan pariwisata yang baik hingga pelibatan masyarakat sekitar dalam memajukan pariwisata,” kata Bramuda

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Wisatawan Meningkat

Ketua Panitia Festival Jambore Pokdarwis Banyuwangi 2022 Abdul Aziz mengungkapkan, kegiatan ini berfungsi sebagai wadah silaturahmi untuk evaluasi kegiatan selama 2022 dan menyusun rencana kerja 2023.

“Harapan kami setelah mengikuti Jambore Pokdarwis, pelaku pariwisata dapat meningkatkan kualitas pelayanannya. Apalagi menjelang tahun baru, saya yakin kunjungan wisatawan pasti meningkat sehingga kita perlu waspada baik dari aspek keamanan dan kesehatan,” katanya.

Aziz menjelaskan, kegiatan utama jambore pokdarwis 2022 adalah diskusi yang membahas pelaksanaan protokol kesehatan, keamanan, dan mitigasi bencana. Selain itu, peserta juga disediakan giat outbound dan aksi peduli lingkungan meliputi clean up dan penanaman pohon cemara di sekitar area wisata Pantai Pulau Merah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.