Sukses

Banjir Landa Desa Sumberagung Banyuwangi, Kantor Camat dan Puskesmas Ikut Terendam

Puluhan rumah di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terendam banjir. Tak hanya rumah warga, bahkan Kantor Camat dan Puskesmas juga tak luput dari terjangan banjir. Akibatnya banjir tersebut aktivitas warga sempat lumpuh.

Liputan6.com, Banyuwangi - Puluhan rumah di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terendam banjir. Tak hanya rumah warga, bahkan Kantor Camat dan Puskesmas juga tak luput dari terjangan banjir. Akibatnya banjir tersebut aktivitas warga sempat lumpuh.

Plt Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli mengatakan banjir akibat hujan deras yang terjadi pada Jumat sore hingga Sabtu Pagi.

"Kurang lebih ada 34 rumah di sejumlah dusun yang ada di Desa Sumberagung yang terendam banjir. Aktivitas warga lumpuh," kata Ilzam, Sabtu (8/10/2022).

Ketinggian banjir yang terjadi di Desa Sumberagung cukup bervariatif. Dari yang setinggi mata kaki hingga setinggi lutut orang dewasa.

"Akses jalan utama depan kantor Kecamatan Pesanggaran kisaran 40 cm dan juga berarus sehingga mengganggu dan membahayakan pengguna jalan," bebernya.

Saat ini Tim BPBD masih melakukan pembersihan sisa banjir. Tim juga sembari melakukan assessmen untuk menghitung kerugian yang ditimbulkan.

Sebagai informasi sebagian wilayah di Kabupaten Banyuwangi,  telah memasuki musim penghujan lebih awal.

Berdasarkan hasil pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terdapat 17 kecamatan di Banyuwangi rawan dilanda bencana banjir.

Belasan kecamatan tersebut dibagi menjadi dua tingkat kerawanan. Yakni tingkat kerawanan banjir tinggi dan sedang.

Adapun wilayah dengan tingkat kerawanan bencana banjir tinggi terdapat 10 kecamatan. Meliputi Kecamatan Banyuwangi, Kabat, Kalibaru, Kalipuro, Licin, Muncar, Pesanggaran, Rogojampi, Siliragung, dan Wongsorejo.

Sedangkan wilayah dengan tingkat kerawanan bencana banjir sedang meliputi Kecamatan Bangorejo, Blimbingsari, Cluring, Gambiran, Genteng, Giri, Glagah, terakhir sebagian kelurahan di Kecamatan Banyuwangi. BPBD Banyuwangi juga mengimbau agar masyarakat lebih waspada terutama yang tinggal di wilayah rawan bencana banjir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.