Sukses

Fraksi Gerindra Jatim Dukung Penuh Sekda Pilihan Khofifah

Politikus muda yang akrab disapa Gus Fawait itu menegaskan, sejak awal Fraksi Gerindra menyerahkan sepenuhnya keputusan pemilihan sekda definitif kepada Gubernur Khofifah.

Liputan6.com, Surabaya - Fraksi Gerindra Jawa Timur mendukung penuh Gubernur Khofifah dalam penentuan sekda definitif. Pernyataan itu disampaikan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim, Muhammad Fawait terkait pelantikan sekda definitif pada Jumat (15/7/2022) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Politikus muda yang akrab disapa Gus Fawait itu menegaskan, sejak awal Fraksi Gerindra menyerahkan sepenuhnya keputusan pemilihan sekda definitif kepada Gubernur Khofifah. Prinsipnya, semua calon memenuhi syarat dan mumpuni.

"Soal sekda definitif, sejak awal kita serahkan sepenuhnya kepada gubernur. Karena itu, kami akan mendukung siapa pun yang dilantik menjadi sekda," tegas Gus Fawait, Jumat (15/07/2022).

Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) tersebut melanjutkan, pihaknya akan mendukung siapapun yang dipilih sebagai sekda definitif. Baik dari internal, mau pun eksternal Pemprov Jatim.

Seperti diketahui ada tiga kandidat yang berpeluang menjadi sekda. Mereka adalah Jumadi (Kadis Kehutanan), Nurkholis (Kadis ESDM), dan Adhy Karyono (Staf Ahli Mensos RI) yang disebut-sebut akan dilantik sebagai Sekdaprov Jatim.

"Saya yakin gubernur mengerti siapa yang tepat untuk membantu beliau dalam mengatur tata kelola pemerintahan di Jawa Timur. Soal sekda menjadi hak prerogatif gubernur," ujar Gus Fawait.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masalah PMK

Tokoh muda Nahdliyin Inspiratif 2020 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengingatkan, saat ini masih ada sejumlah masalah yang harus ditangani. Diantaranya penanganan covid-19 dan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), serta pembahasan Perubahan APBD 2022 dan APBD 2023.

Penanganan sejumlah masalah tersebut tentunya membutuhkan konsolidasi yang baik antara eksekutif dengan parlemen. Karena itu butuh sosok sekda yang bisa menjadi jembatan komunikasi antara DPRD Jatim dengan Gubernur Khofifah.

"Pelantikan sekda ini memang sudah kita nantikan, karena dalam waktu dekat ini kita membutuhkan peran seorang sekda definitif. Saya juga berterima kasih dan mengapresiasi Pj Sekda Wahid Wahyudi yang sudah menjalankan tugas dengan baik sebagai jembatan antara eksekutif dengan parlemen," pungkas alumni santri Ponpes Luhur Al Husna Wonocolo, Surabaya itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.