Sukses

Konjen Australia Gali Informasi soal Warganya ke Kemenkumham Jatim, Ada Apa?

Untuk Lapas sendiri, lanjut Fiona, diketahui ada warga negara Australia yang terlibat kasus hukum dan menjalani masa pidana di tiga lapas di Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Konsulat Jenderal Australia di Surabaya, Fiona Hoggart mendatangi kantor Kanwil Kemenkumham Jatim untuk mendapatkan  informasi situasi dan kondisi warga negara Australia di Surabaya.

“Apalagi dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemilu di Australia, sehingga kami perlu mengetahuinya,” ujar Fiona di Surabaya, Selasa (12/4/2022).

Meski baru tiba di Surabaya pada Februari lalu, Fiona mengaku sudah mendapat banyak informasi terkait Kemenkumham Jatim. Terutama sinergitas yang dibangun selama ini dengan Lapas dan Imigrasi.

Untuk Lapas sendiri, lanjut Fiona, diketahui ada warga negara Australia yang terlibat kasus hukum dan menjalani masa pidana di tiga lapas di Jawa Timur.

“Ada di Lapas Porong, Lapas Malang dan Lapas Banyuwangi,” ucapnya.

Sementara untuk Imigrasi, pihak Konsulat Jenderal Australia mengakui banyak dibantu saat membutuhkan informasi maupun berkoordinasi terkait permasalahan warga negaranya.

“Kami banyak dibantu dan tidak ada kendala sama sekali,” ujar perempuan yang cukup fasih berbahasa Indonesia tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi

Sementara itu, Plt. Kakanwil Kemenkumham Jatim, Wisnu Nugroho Dewanto menerangkan bahwa sudah menjadi tugas setiap pegawainya memberikan pelayanan kepada siapapun yang membutuhkan.

"Hal itu juga sebagai bagian dari Kerjasama dengan pihak eksternal," ucap Wisnu.

Karenanya Wisnu meminta kepada pihak konsulat apabila ada persoalan untuk dikoordinasikan dengan baik.

“Komunikasi itu penting. Karena sedini mungkin info itu tersampaikan akan lebih baik untuk kedua belah pihak,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.